oleh

Peringati Sumpah Pemuda, Koni Sumbawa Barat Donor Darah Bersama 6 Komunitas

SUMBAWA, kabarsumbawa.com – Antusiasme kegiatan donor darah di Sumbawa Barat sangat tinggi. Sejumlah tokoh masyarakat, pejabat publik bersama komunitas motor Bold Riders, serta masyarakat umum terlibat dalam kegiatan sosial ini.

Dalam kegiatan tersebut Ketua KONI Sumbawa Barat, Muhammad Rizal bahkan menjadi pendonor pertama dan diikuti peserta lainnya.

iklan

Koordinator Komunitas Bold Riders Sumbawa Barat I Gede Darma bersyukur kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 ini mendapat dukungan luar biasa. Kegiatan donor darah yang mengambil tema ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri’ ini digelar di enam lokasi berbeda.

Dalam sambutannya, Ketua KONI mengaku sangat bangga dengan inisiatif rekan-rekan Bold Riders menggelar acara donor darah. Apalagi kegiatan ini dilakukan ketika pandemi COVID-19 masih terjadi.

“Beliau juga mengapresiasi kegiatan ini. Bahkan Pak Rizal menjadi orang pertama yang mendonorkan darahnya, lalu diikuti rekan-rekan yang lain,” ungkap I Gede Darma, Minggu (25/10).

Donor darah ini berlangsung sejak tanggal 22 Oktober sampai 27 Oktober 2020 di enam lokasi.

Total ada puluhan kantong darah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan sosial tersebut. Sejumlah lokasi yang dijadikan tempat donor seperti Convention Hall Paruga Na’e Kota Bima, ada 15 peserta yang mendaftar. Kemudian Basecamp Super Community Bonto, Kecamatan Tarano Sumbawa ada 53 peserta yang mendaftar.

Baca juga:  Ada Gangguan Cuaca, BMKG Himbau Waspadai Kebakaran dan Kekeringan

Kemudian, markas PMI Sumbawa Besar ada sekitar 30 peserta yang mendaftar, lalu berlanjut di Alun-alun Taliwang Sumbawa Barat, ada 28 peserta yang mendaftar. Di depan Bengkel Podolo Soriutu – Manggalewa Kab Dompu, terdapat 36 peserta yang mendaftar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman Bold Riders, PMI, KONI, RSUD Asy Syifah, dan masyarakat yang sudah ikut terlibat dalam acara sosial ini,” ungkap Gede.

Di lokasi terpisah, komunitas Sumbawa Angler Community juga melakukan aksi donor darah tepatnya pada Selasa (27/10) di Aula Kantor Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir, Sumbawa Besar. Dari komunitas ini total ada 32 peserta, namun yang bisa diambil darahnya ada 26 peserta. Sisanya gagal karena kendala Hb dan tensi darah.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Baca juga:  Cegah Covid-19, Panca Warga Labuhan Sumbawa "Lockdown"

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*)