oleh

Ekonomi Maritim Mendorong Majunya Pengembangan Samota

dirmawan diskanlut
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupeten Sumbawa, Ir. Dirmawan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa–Bergeraknya ekonomi maritim di wilayah pantai utara Sumbawa akan menjadi pondasi majunya perkembangan wilayah Samota. Karenanya Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Sumbawa mendorong agar potensi tersebut maju pesat dengan mengusulkan kepada pemerintah agar Teluk Saleh dapat dijadikan sebagai sentra pengembangan perikanan.

Kepala Dislutkan Kabupaten Sumbawa, Ir Dirmawan menjelaskan, selain dari sisi pariwisata, wilayah Samota memiliki potensi kelautan dan perikanan yang sangat memegang peran penting.
Sekarang ini, kata Dirmawan, pihaknya sedang menggarap dan menggusulkan agar Teluk Saleh dapat dijadikan sentra pengembangan perikanan, dimana semua investasi perikanan dapat berkembang .
Dikatakan, Samota memiliki nilai ekonomis, karena semua potensi perikanan ada di Teluk Saleh sehingga investasi khususnya bidang kelautan dan perikanan diarahkan ke Teluk Saleh.
“Nanti akan ada PT. Absara Lombok yang bergerak di bidang budidaya ikan, kemudian industri pengolahan hasil perikanan, industri perikanan yang dikelola masyarakat yang sekarang ini sudah mulai kelihatan, ada industri garam termasuk pembangunan pelabuhan sehingga akan terpadu,” ujarnya.
Menurutnya, saat ini di Teluk Saleh terdapat pengembangan rumput laut, juga telah dilakukan revitalisasi kegiatan perikanan, dimana tambak-tambak yang dulunya lama tidur kini difungsikan lagi dengan beralih kepemilikan.

“Bukan saja revitalisasi tapi pengembangan tambak baru juga ada. Kami juga memfasilitasi penyediaan bibit sehingga semuanya saling menunjang antara hilir dan hulu,” tambahnya.

Baca juga:  250 Personil TNI Kepung Sungai Jangkuk Ampenan

Selain itu juga ada budidaya teripang yang sudah mulai digiatkan lagi, saat ini sedang dijajaki kerjasama dengan LIPPI utk mengembangkan hewan avertebrata laut tersebut terutama jenis teripang agar bisa diproduksi secara besar-besaran baik petambak besar maupun oleh yang mempunyai kemampuan berinvestasi di bidang ini.

Menurut Dirmawan, semua potensi itu merupakan komoditi ekspor, diharapkan dengan nantinya akan dibangun pelabuhan ekspor di Teluk Santong hal ini akan mendorong tumbuh pesatnya ekonomi maritim di wilayah Samota. (KS/Dhie)

ksbksb ksbksb