Warga Desa Berare dan Kakiang Sepakat Berdamai

Date:

mediasi Warga Desa Berare dan Kakiang
Mediasi yang difasilitasi Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK. tentang masalah Warga Desa Berare dan Kakiang

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa-Kasus penganiayaan yang berujung pada mencuatnya ketegangan kedua desa yakni warga Desa Berare dan Desa Kakiang akhirnya sepakat untuk berdamai. Perwakilan warga Desa Berare dan Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir menyatakan untuk sepakat berdamai setelah dilakukan mediasiĀ  Senin (5/09/2016) di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Polres Sumbawa. Sementara terkait kasus penganiayaan diserahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk menindaklanjutinya.

Mediasi yang dilaksanakan tersebut difasilitasi Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK. Dimana masing-masing desa mengutus kepala desa, BPD, dan sejumlah tokoh masyarakat yang didampingi Camat dan Kapolsek setempat. Turut hadir dalam mediasi, Wakil Bupati Sumbawa, salah satu anggota dewan yang berasal dari wilayah setempat, dan sejumlah pihak lainnya.

Camat Moyo Hilir, Drs. Irawan Subekti, mengapresiasi aparat kepolisian yang telah melakukan mediasi terhadap konlik kedua desa setempat. Ia juga mengapresiasi perwakilan kedua desa yang beritikad baik untuk mencari solusi dari permasalahan yang sebelumnya terjadi. Dengan adanya mediasi diharapkan permasalahan yang timbul dapat terselesaikan dengan baik, dan mendapat solusi terbaik. Mengingat dari kejadian yang sebelumnya terjadi, masyarakat merasa resah.

Baca juga:  Antisipasi 3C dan Premanisme, Polsek Sumbawa Rutin Patroli di Titik Rawan

ā€œKejadian ini sebetulnya sangat disayangkan. Karena dari hal yang kecil membuat resah warga di Kecamatan Moyo Hilir. Mudah-mudahan pertemuan ini menjadi rahmat, dan tidak ada lagi perselisihan di Kecamatan Moyo Hilir,ā€ ujarnya.

Kepala Desa Kakiang, M. Adnan menyampaikan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin agar kejadian ini tidak meluas. Harapannya supaya permasalahan ini jangan sampai ditangani terlalu lama. Sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang lebih besar. Intinya supaya proses hukumnya dapat segera ditindaklanjuti. Pihaknya pun bersedia mendukung pihak kepolisian dalam menangani proses hukum.

ā€œKami percayakan prosesnya kepada pihak kepolisian, supaya cepat terselesaikan persoalannya. Dan kami akan mencoba untuk meredam masyarakat supaya tidak melakukan hal yang dapat mengganggu keamanan,ā€ ujarnya.

Kepala Desa Berare H. Ahmad, SH menyampaikan sebenarnya masyarakat kedua desa ini satu. Dan masih memiliki hubungan keluarga yang dekat. Hanya saja tidak saling mengenal lantaran kurangnya silaturrahmi. Melalui pertemuan mediasi ini, diharapkan dapat diperoleh suatu solusi terbaik. ā€œKami juga tidak mengharapkan adanya kejadian ini. Hanya saja ini sudah terjadi. Kami berharap dengan mediasi ini bisa terjadi perdamaian secara menyeluruh. Karena kami juga menginginkan supaya kedua desa ini tetap kondusif. Dan kami tetap akan mendukung apabila dilakukan proses hukum nantinya,ā€ kata Kades Berare.

Baca juga:  Diduga Lakukan Penggelapan, 3 Pemuda Diamankan ke Polres Sumbawa

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah mengapresiasi pihak kepolisian yang mencoba melakukan mediasi terhadap kedua desa. Wabup berharap kedepannya, hal ini tidak terjadi lagi. Mengingat masyarakat dari kedua desa ini sebenarnya merupakan keluarga dekat. Hanya saja kurangnya silaturrahmi yang dilakukan, sehingga dimungkinkan tidk saling mengenal. ā€œPersoalan ini tidak perlu lagi dibicarakan. Yang terpenting, kita harus memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya, jika masalah tetap terjadi. Makanya ada baiknya untuk berdamai, supaya masyarakat kedua desa tenang. Untuk proses hukumnya, diserahkan ke pihak kepolisian,ā€ ungkap Wabup.

Wabup menghimbau, apabila terjadi persoalan jangan sampai melakukan tindak anarkis, serahkan prosesnya kepada pihak kepolisian. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak lago terjadi di kemudian hari. (KS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Polisi Ringkus Terduga Pelaku Curanmor di Desa Tarusa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tidak perlu waktu lama bagi...

Tudingan Nyonya Lusi Gelapkan Barang Senilai 15 M Dinilai Aneh dan Mengada-ada

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -Ā  Ita Yuliana yang didampingi kuasa...

Terduga Pelaku Narkoba Diringkus di Dalam Kamarnya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com ā€“ Betapa terkejutnya RR (22) warga...

Tinggi, Animo Masyarakat Sumbawa Daftar Jadi Anggota Polri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Animo masyarakat Kabupaten Sumbawa menjadi...