Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Pada Anak Sejak dini

Kabarsumbawa.com – Seperti yang kita ketahui, pada zaman sekarang banyak sekali kerusuhan dan permasalahn yang disebabkan oleh remaja bahkan peserta didik, seperti tawuran, narkoba, pemakaian narkotika, pelecehan seksual didalam sekolah. Hal ini di sebabkan karena kurangnya perhatian dan peran orang tua dalam mendidik dan menanamkan karakter positif dalam diri anak. Kesiapan orang tua juga dapat perpengaruh pada pembentukan karakter anak karena orang tua yang belum siap cenderung hanya akan memberikan kebutuhan materi saja, tanpa Membentuk kontak batin dengan anak, seperti kasih sayang, mengajak bicara dan bermain-main. Jika hal ini tidak ada maka akan mengakibatkan efek-efek negatif pada pembentukan kepribadian dan karakter anak.

Karakter merupakan sisfa-sifat didalam jiwa, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lainnya. Karakter merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup setiap manusia, dan pembentukan karakter yang positif pada anak sejak usia dini adalah suatu langkah awal yang baik untuk menentukan bagaimana dia akan menjalani hidupnya nanti. Peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini, karena madrasah pertama bagi setiap anak adalah keluarganya. Lingkungan keluarga yang baik, suasana yang hangat, penuh kasih sayang, serta dengan aturan-aturan yang positif akan berdampak baik bagi pembentukan karakter seorang anak. Siapapun dia, akan menjadi apapun dia suatu hari nanti, tentu karakter akn sangat menentu kan dimana dia ditempatkan, baik itu di lingkungan masyarakat, lingkungan pertemanan bahkan pada lingkungan pekerjaan.

Pembentukan karakter yang positif sejak dini akan memudahkan hidupnya kelak, dia akan mendapatkan banyak kepercayaan dari orang-orang yang mengenal baik karakternya, kariernya akan cemerlang karena di sukai oleh banyak orang, banyak yang akan mendo’akan setiap langkah pencapaiannya. Karakter yang kuat, jujur, rendah hati, juga pantang menyerah akan menghadirkan sosok manusia yang siap menjalani hidup. Selalu giat, penuh kerja keras serta dipercaya oleh banyak orang. Dan seperti yang kita tau, Indonesia sangatlah membutuhkan orang-orang yang seperti ini untuk menjadi masa depan bangsa, karena seseorang yang tidak memiliki karakter yang positif akan fcmenyebabkan banyak masalah bukan solusi dari banyak masalah. (KS)

Atikel di atas ditulis oleh Rini Safira Dewi NPM : 2020G1B033 dan Putri Cantika Canda Nandiva NPM : 2020G1B010 – Mahasiswa Prodi PGMI, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Mataram

Jika ada hal hal yang ingin ditanyakan terkait artikel di atas, bisa menghubungi penulis melalui email : putricantikacandan332@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment

  1. Artikel nya bermanfaat banget, ada hal hal yang sangat perlu di tanamkan dalam pribadi anak anak, makasih banya