Harga Gabah Anjlok, Ketua DPRD Sumbawa Surati Presiden

KABAR SUMBAWA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq, S.H., mangatakan, pihaknya menyurati Presiden RI terkait anjloknya harga gabah di Kabupaten Sumbawa.

Hal ini disampaikan Abdul Rafiq kepada wartawan usai mengikuti kegiatan Panen Perdana Padi Kegiatan Sistem Pertanian Berkalanjutan di Desa Poto, Kecamatan Moyo Hilir, Rabu (23/03/2022) pagi.

Menurut Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa (IKLS) ini, berdasarkan laporan yang pihaknya terima dari petani, harga gabah berkisar Rp 3.200 sampai dengan Rp 3.600 per kilogramnya. Terhadap kondisi ini, DPRD telah melaksanakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait membahas langkah yang akan dilakukan mengatasi anjloknya harga gabah.

“Tidak ada arti swasembada pangan kalau harga gabah kita anjlok. Kita sudah bertemu dengan Bulog dan pihak-pihak terkait untuk membahas langkah-langkah mengatasi harga gabah ini,” ungkapnya.

Salah satu langkah yang dilakukan lanjutnya, pihaknya menyurati Presiden RI agar gudang mitra bulog dapat digunakan untuk menyerap gabah petani.

“Karena saat ini kondisi gudang utama Bulog Sumbawa penuh, jadi tidak bisa melakukan panyerapan, sehingga kami DPRD hari ini menyurati presiden terkait dengan penggunaan gudang mitra Bulog untuk serap gabah petani. Ini yang harus segera kita lakukan,” pungkasnya. (KS/aly)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.