Distributor Minyak Goreng Disidak, Ini Hasilnya!

Distributor Minyak Goreng Disidak, Ini Hasilnya!
Tim Pemantauan Ketersediaan Minyak Goreng Pemerintah Kabupaten Sumbawa lakukan sidak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tim Pemantauan Ketersediaan Minyak Goreng Pemerintah Kabupaten Sumbawa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah distributor di wilayah Kabupaten Sumbawa, Selasa (15/03/2022) pagi tadi.

Tim terdiri dari Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Kepolisian Resot Sumbawa, Kasdim Kodim 1607 Sumbawa, Kabid Perdagangan, serta Pengawas Perdagangan.

Kepala Bidang Perdagangan KUKMIndag Sumbawa, Iwan Setiawan, S.P., M.Si., dalam keterangan tertulisnya yang diterima media ini menjelaskan, sidak dilakukan untuk memastikan kondisi ketersediaan minyak goreng  di tingkat distributor.

Baca juga:  Membludak, Dukungan Untuk Fakhruddin Rob di Seteluk

Adapun hasilnya lanjut Iwase akrab ia disapa, kelangkaan minyak goreng di Sumbawa lebih disebabkan oleh terbatasnya pasokan dari produsen ke distributor.

“Tidak ditemukan adanya penimbunan oleh distributor, semua yang kami lakukan inspeksi hari ini menyampaikan bahwa kuota yang dipasok dari produsen terbatas hanya sekitar 50% dari biasanya sebelum kebijakan HET Rp 14.000/liter diberlakukan,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, kelangkaan juga dipicu oleh psikologis pembeli yang membeli lebih dari keperluan normal. Dikarenakan ada rasa takut tidak mendapatkan lagi sehingga memaksa diri membeli lebih.

Baca juga:  Komisi II DPRD Sumbawa Minta Timgab Tutup Semua Akses Menuju Lokasi PETI

Berdasarkan temuan lapangan tambahnya, hari ini dan besok sudah terdapat distribusi ke kios-kios pengecer merata ke seluruh Sumbawa.

“kami meminta agar tetap mematuhi HET yang telah ditentukan, tidak melebihi 14.000/liter untuk kemasan premium. Kami berharap konsumen tidak panik. Minyak goreng di pasar-pasar tradisional sudah banyak. Dan untuk mengendalikan harga, Pemerintah Daerah melalui Dinas KUKMINDAG akan tetap melakukan operasi pasar,” pungkasnya. (KS/aly*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.