Ketua DPRD Sumbawa Dorong OPD Tingkatkan Pelayanan Publik

Date:

KABAR SUMBAWA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH., mendorong seluruh Organisasi Prangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Sumbawa, untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Mungkin sekarang yang lebih dipertajam terkait dengan pelayanan publik yang harus lebih kita tingkatkan. Kenapa ini saya juga harus menyinggung, karena kita ingin bahwa di seluruh OPD itu harus bisa menerima apa yang menjadi keinginan masyarakat dengan cepat, ramah, dan tuntas,” kata Rafiq kepada wartawan belum lama ini.

Menurutnya, pelayanan kepada masyarakat harus cepat dan tuntas. Pelayanan yang diberikan juga harus baik dan ramah. “Cepat dan tuntas kalau gak ramah pelayanannya gak bagus juga. Artinya kita ingin memberikan desain pelayanan publik di seluruh OPD itu satu irama. Jangan hanya satu OPD saja yang mempunyai sistem yang berjalan terkait dengan pelayanan publik. Tetapi saya ingin semua OPD itu satu irama dalam pelayanan publiknya,” terangnya.

Baca juga:  Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sejauh ini, bagaimana melihat pelayanan publik di OPD?

“Beragam. Ada OPD yang cepat, ramah melayani, dan tuntas menyelesaikan. Ada juga OPD yang kurang. Ini kan hal-hal kecil yang jangan sampai menimbulkan persepsi negatif tentang pemerintahan ini. Contoh kami di DPR bagaimana cara kami melayani masyarakat, ya tentu dengan cepat. Siapapun yang mengadu ke DPR, birokrasi-birokrasi itu kami pangkas,” jawabnya.

Baca juga:  SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa (IKLS) ini berharap, OPD dapan meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat. Keseragaman pelayanan harus terbangung, serta memiliki sistem yang baik.

“Contoh di bank, mereka punya sistem. Ketika orang masuk, sistemnya hormat, langsung dilayani. Kenapa tidak di pemerintah daerah kita buat sistem seperti itu. Sehingga penilaian masyarakat bahwa luar biasa pelayanan OPD terhadap kebutuhan masyarakat. Saya rasa ini gak sulit kok. Persoalannya mau apa tidak,” pungkasnya. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pemkab Sumbawa Terus Bergerak Menuju Zero Stunting

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi...

SPM Awards Tahun 2024, Sumbawa Peringkat Empat Kabupaten Terbaik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kabupaten Sumbawa berhasil masuk sebagai...

Sumbawa Jadi Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi NTB 2024

Mataram, Kabarsumbawa.com - Dalam rangka mendukung visi Indonesia Emas...

Pelaku Wisata di Sumbawa Dapat Pelatihan Pemasaran Digital

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas...