oleh

Disos Tunggu Informasi Penyaluran BST Tahap Selanjutnya

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sejak mewabahnya pandemi Covid-19, pemerintah telah menyalurkan berbagai bantuan sosial untuk masyarakat. salah satunya Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui Kantor POS.

 

Di Kabupaten Sumbawa, penyaluran hingga bulan Mei dan Juni 2021 telah tuntas. Bantuan Rp. 300 ribu perbulan ini diberikankan kepada 27.919 penerima manfaat di Kabupaten Sumbawa.

 

“Untuk BST jatah di bulan Mei Juni ada dua bulan dengan total penerima 27.919 Orang itu disalurkan melalui Pos. Hasil pantauan kami sudah tuntas di salurkan meski pun ada yang gagal bayar dan sebagainya karena memang tidak berhak,” kata Kepala Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Mirajuddin, ST., Selasa (07/09/2021).

Baca juga:  Bupati : Kades Harus Terlibat Tekan Laju Kemiskinan

 

Terkait keberlanjutan penyaluran BST ini, pihaknya masih menunggu infromasi resmi dari Kementarian Sosial. “Belum ada informasi ada tahap selanjutnya, karena sebelumnya hanya sampai bulan april saja. Tetapi karena peningkatan kasus Covid, sehingga ada tambahan 2 tahap kemarin,” jelasnya.

 

Sementara untuk data penerima, semua diproses oleh Kemensos. Kemudian data tersebut langsung didistribusikan pada POS, untuk kemudian disalurkan peda penerima.

 

Dalam hal ini lanjutnya, Dinas Sosial hanya memantau pelaksanaan di lapangan. Jika ada penerima yang memerlukan surat rekomendasi berhak menerima, maka akan dibuatkan.

 

“Untuk data, kita tidak tau, karena semua terpusat di Kementarian. Datanya diproses oleh Kementrian, kita tidak ada lagi disuru perbaiki data tarkait BST, mereka langsung mengeksekusi, datanya langsung didistribusikan ke POS. Kita hanya memantau saja ketika ada dibutuhkan surat rekomendasi bahwa yang bersangkutan berhak menerima kita buatkan,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar