oleh

Pemilih Meninggal Dunia Masih Dominan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB) periode Agustus, Selasa (31/08/2021), KPU Kabupaten Sumbawa, pemilih meninggal dunia masih dominan.

Data ini didapatkan berdasarkan laporan dari pemerintah Desa di sejumlah Kecamatan maupun berdasarkan hasil koordinasi KPU Kabupaten Sumbawa dengan Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Sumbawa.

Ketua Komisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Sumbawa, Muhammad Kaniti, mengatakan, dalam rapat pleno tersebut, KPU Kabupaten Sumbawa menetapkan sebanyak 339.007 daftar pemilih berkelanjutan. Dengan rincian potensi pemilih baru sebanyak 25 orang, laki-laki 24 orang dan perempuan 1 orang. Kemudian pemilih tidak memenuhi syarat (TMS ) sebanyak 220 orang, diantaranya laki-laki 108 orang, perempuan 112 orang, rinciannya adalah meninggal dunia 213 orang, pindah domisili 7 orang.

Baca juga:  Kanwil Kemenkumham NTB: Pengawasan Warga Asing Perlu Ditingkatkan

Lanjutnya, adapun upaya yang telah ditempuh KPU Kabupaten Sumbawa untuk memutakhiran data pemilih berkelanjutan, berkoordinasi dengan Bupati Sumbawa, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Cabang Dinas Dikbud Propinsi NTB di Kabupaten Sumbawa, Kemenag Kabupaten Sumbawa, para Kepala Desa melalui Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) maupun bersurat secara langsung dan bersurat kepada SMA/SMK maupun Madrasah Aliyah di Kabupaten Sumbawa untuk mendapatkan potensi pemilih baru/siswa berusia 17 tahun. (KS/aly)

Komentar