oleh

Gerakan Revolusi Mental: Mahasiswa KKN Gotong Royong UNSA Promotori Gerakan Sayang Semua

-Pendidikan-99 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Covid-19 sampai saat ini menjadi permasalahan di Indonesia termasuk di Kabupaten Sumbawa. Gerakan pencegahan dan penanggulangan covid terus dilakukan oleh semua pihak dalam upaya mendukung pemerintah Kabupaten Sumbawa, termasuk Perguruan Tinggi. Universitas Samawa melalui KKN Gotong royong, melakukan berbagai gerakan pencegahan dan penanggulan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa.

Salah satu kegiatan pencegahan dan penanggulangan covid yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN yang ditugaskan di Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwes yaitu sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan metode dor to dor dan pembagian hand sanitizer kepada warga. Gerakan ini dinamakan “Gerakan Sayang Semua”. Pada kegiatan ini, kelompok KKN Desa Nijang didampingi oleh pemerintah Desa Nijang, Bhabinkamtibmas Desa Nijang, Babinsa dan Bidan Desa.

Materi sosialisasi yang disampaikan kepada masyarakat yaitu terkait berita-berita hoax tentang vaksin, pentingnya vaksin dan pentingnya gerakan melindungi diri dan keluarga dari penularan covid-19. Sosialisasi ini disampaikan dalam bentuk dialog dengan masyarakat, pemasangan stiker tentang covid di setiap rumah, dan pemasangan spanduk tentang covid di Desa Nijang.

Baca juga:  Produksi Pakan Ternak Alternatif, SMK Al-Kahfi Gaet PT Dupont Indonesia Pioneer

IMG 20210829 WA0030 Kabar Sumbawa

Dr. Neri Kautsari, dosen pembimbing mahasiswa KKN Desa Nijang, Kelompok 2 dan kelompok 9, menjelaskan bahwa, kegiatan KKN tahun ini yang bertemakan Gotong Royong. Dimana, fokus kegiatannya bergotong royong bersama masyarakat dan pemerintah dalam menyelesaikan beberapa permasalahan selama masa covid.

Lanjutnya, salah satu kegiatannya, yakni, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan dan penanggulangan covid. Tidak hanya itu, akan ada gerakan-gerakan lainnya, seperti, gerakan edukasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat selama dan pasca covid.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah desa NIjang, Bhabinkamtibmas Desa Nijang, Babinsa dan Bidan Desa yang telah mandampingi mahasiswa-mahasiswa KKN di lapangan” ungkapnya.

Kepala Desa Nijang, Syarafuddin Has., menyambut baik kegiatan ini. Disinya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNSA ini. Sebegai bentuk dukunga, pihaknya melibatkan prangkat Desa, babinsa dan babinkantibmas untuk mendampingi mahasiswa di lapangan menjalankan semua programnya.

Baca juga:  Bunda Paud Kabupaten Sumbawa, Ingatkan Pentingnya Menjaga Gizi Anak

“ Pemerintah desa menyambut positif kegiatan dan program-program KKN yang dilakukan oleh kelompok 2 dan kelompok 9 di Desa Nijang terutama kegiatan sosialisasi tentang covid dari rumah ke rumah (dor to dor), mengingat masa pendemi kita tidak bisa berkumpul. Kami pemerintah desa siap mendampingi para mahasiswa,” tandasnya.

Senada dengan Kepala Desa, BRIPKA Arya Wirawansyah Bhabinkamtibmas Desa Nijang, menyambut apa yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UNSA ini. Disinya, siap turun lapabgan mendampingi mahasiswa dalam kegiatan ini.

“Alhamdulilah saya sebagai Bhabinkamtibmas Desa Nijang sangat mengapresiasi kegiatan yg dilakukan oleh adik-adik KKN Mahasiswa UNSA yang berada di Desa Nijang mengingat kegiatan dan program mereka sangat membantu kami sebagai garda terdepan TNI/Polri yang berada di desa dalam memerangi virus Covid-19,” pungkasnya. (KS)

Komentar