oleh

Sumbawa Grow Up Lakukan Transplantasi Karang di Labuhan Aji Pulau Moyo

-Travel, Wisata-112 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kelopmok Konservasi Sumbawa Grow Up (SGU) melakukan transplantasi terumbu karang di Perairan Pulau Moyo, tepatnya di Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Hingga saat ini, sebanyak 22 media tanam telah diturunkan di lokasi oleh kelompok yang diketuai Ari Abdussalam ini.

Kepada media Kabarsumbawa.com, Oi Petruk akrab ia disapa, mengatakan, kegiatan transplantasi karang di Perairan Pulau Moyo, Labuhan Aji ini, telah dilaksanakan sejak tahun 2020 lalu. Tahun lalu, diturunkan sebanyak 10 media tanam bekersajasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa setempat. Kemudian tahun ini kembali diturunkan sebanyak 12 media tanam bekerjasama dengan Kelompok Masuarakat Pengawas (Pokmaswas) Angel Reef. Sehingga, total keseluruhan sebanyak 22 media tanam telah diturunkan di lokasi ini.

Kegiatan transplantasi karang di Desa Labuhan Aji ini lanjutnya, bertujuan menganti karang-karang yang sebelumnya telah rusak akibat aktivitas penangkapan ikan menggunakan bom maupun potasium, termasuk menjadikan lokasi ini sebagai spot wisata snorkling dan diving.

Baca juga:  Wisata Alam Semongkat Bakal Ditata

“Alhamdulillah Pokmaswas dan masyarakat Desa Labuan Aji sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Mereka berharap kegiatan ini berlanjut kedepannya dan terumbu karang semakin bagus khususnya di Labuhan Aji,” ujarnya.

Baru-baru ini lanjutnya, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Republik Indonesia, SGU bersama Pokmaswas Angel Reef, melaksanakan kegiatan transplantasi sekaligus pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut. Kegiatan medapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Labuhan Badas, Pemerintah Desa Labuhan Aji. Turut ikut serta siswa-siswi SD dan SMP setempat.

Sumbawa Grow Up Lakukan Transplantasi Karang di Labuhan Aji Pulau Moyo
Pengibaran Bendera Merah Putih di Dasar Laut, Desa Labuhan Aji Pulau Moyo

“Kegiatan transplantasi karang sekaligus pengibaran bendera dalam laut dalam rangka merayakan HUT ke 76 RI di Labuhan Aji, pada tanggal 18 Agustus kemarin. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar,” terangnya.

Terlepas dari Kegiatan di Labuhan Aji tambah Oi, SGU telah aktif melakukan kegiatan transplantasi karang di perairan laut Kabupaten Sumbawa sejak tahun 2016 silam hingga sekarang. Adapun lokasinya, di Gili Dangar, Dusun Prajak, Kecamatan Moyo Hilir, terdapat 3 lokasi, Gili Sejangan Dusun Labuhan Trata 1 lokasi, Labuhan Sangoro 1 lokasi, Gili Sentigi, Labuhan Jontal 1 lokasi, Pulau Rakit 1 lokasi dan Labuhan Aji 1 lokasi.

Baca juga:  Krisis Pariwisata dan Covid-19: sebuah refleksi

“Alhamdulillah perkembangan karang yang kita sangat luar biasa perrumbuhannya cepat skali,” ujarnnya.

Sumbawa Grow Up Lakukan Transplantasi Karang di Labuhan Aji Pulau Moyo
Kegiatan SGU di Labuhan Aji Pulau Moyo

Dirinya berbarap, melalui kegiatan transplantasi karang yang dilakukan oleh SGU ini, dapat mengembalikan dan memperbaiki ekosistem laut yang sebelumnya telah rusak oleh aktivitas penangkapan ikan secara illegal oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ia juga berharap, ke depannya, kelompok-kelompok konservasi baik laut maupun darat semakin banyak di Kabupaten Sumbawa, mengingat alam Sumbawa semakin memprihatikan.

“Mari sama-sama kita menjaga alam Sumbawa demi anak dan cucu kita nanti,” ajaknya. (KS/aly)

Komentar