oleh

Majukan Peternakan, Tim PHP2D BEM FISIPOL UNSA Gandeng Pemdes Lito

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Samawa (BEM FISIPOL UNSA) melakukan kunjungan ke Desa Lito, Kamis (19/08/2021) kemarin.

Kunjungan tersebut dalam rangka konsolidasi dan pemantapan kemitraan antara Tim PHP2D BEM FISIPOL UNSA dengan Pemerintah Desa Lito.

Pada kesempatan itu, Kelompok PHP2D BEM FISIPOL UNSA bertemu dengan Kepala Desa Lito, Kepala Dusun, Ketua BPD, dan Ketua Kelompok Tani Ternak.

Salah satu Dosen Pembimbing PHP2D, Donny Wijaya menjelaskan, misi PHP2D antara lain, menemukan dan mengembangkan potensi yang ada di tengah masyarakat, kemudian melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) BEM FISIPOL UNSA akan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Lito guna membantu modernisasi sistem peternakan Desa.

Baca juga:  Sekolah Perempuan Tangguh, Wanita Harus Berani Berbicara

“hari ini kita menjalin kerjasama dengan pemerintah Desa Lito untuk membangun kemitraan guna memajukan sektor peternakan, berbasis limbah pertanian dan institusionalisasi kelompok ternak. Alhamdulillah pemerintah desa selaku mitra dalam kegiatan ini sangat mendukung” terangnya.

Lebih lanjut, Donny menjelaskan bahwa melalui kegiatan PHP2D masyarakat akan diperkenalkan dengan sistem peternakan modern melalui pelatihan pembuatan pakan, penyuluhan kesehatan ternak, dan manajemen organisasi kelompok peternak, sehingga pasca kegiatan PHP2D sektor peternakan di Desa Lito menjadi lebih baik.

“Dari survei yang kami lakukan, para peternak selalu kesulitan memenuhi kebutuhan ternaknya, inshaAllah melalui PHP2D ini paradigma masyarakat tentang dunia peternakan bisa berubah, karena nantinya banyak item pemberdayaan akan kita lakukan untuk menunjang hal tersebut” tutur Donny.

Baca juga:  Desa Karang Dima, Wakili Sumbawa Pada Lomba Desa Dan Kelurahan Tingkat NTB

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Lito Maswarang menerangkan, Pemerintah Desa menyambut baik kegiatan PHP2D BEM FISIPOL UNSA, ia juga berharap melalui program ini pengetahuan masyarakat tentang dunia peternakan menjadi lebih baik, sehingga kedepannya perekonomian masyarakat Desa bisa ditingkatkan.

“kami mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa UNSA di Desa Lito, banyak masalah peternakan yang selama ini dihadapi masyarakat, semoga kegiatan ini nantinya bisa berjalan lancar” ucapnya.

Program Pemberdayaan Desa akan dilakukan selama tiga bulan, dan dalam pelaksanaan nya Tim PHP2D BEM FISIPOL UNSA akan menggandeng stakeholder yang relevan seperti BUMDes, DPRD Kabupaten Sumbawa, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa, serta Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa. (KS)

Komentar