oleh

E-Voting, Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 1 SB Sukses Digelar

-Pendidikan-22 views

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Barat (MAN 1 SB) Tahun ajaran 2021/2022 sukses digelar.

Pelaksanaan pesta demokrasi siswa ini dilaksanakan berbeda dari biasanya. Karena pandemi Covid-19, pemilihan menggunakan sistem e-Voting melalui Google Form yang disediakan oleh panitia pemilihan.

“Pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil ketua OSIM tahun ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Walaupun ditengah pandemi, madrasah terus berinovasi memanfaatkab teknologi dalam proses pemilihan guna mencegah penyebaran covid-19,” ungkap Raifallah, S.Kom., Pemdina OSIM MAN 1 Sumbawa Barat.

Dijelaskan, pelaksanaan pemilihan dilaksanakan, Sabtu 14 Agustus 2021 kemarin. Pemilihan diikuti oleh dua pasangan calong (Paslon). Yakni paslon nomor urut 01 M. Faizal (Ketua) – Alisya (Wakil ketua), kemudian paslon nomor urut 02 Syahriza (Ketua) dan Ariyo Try Fajar Rizky (Wakil ketua).

Baca juga:  Pemkab Sumbawa Salurkan Beasiswa 322 Mahasiswa

Adapun jumlah pemilih lanjut Rai sapaan akrabnya, sebanyak 371 orang terdiri dari siswa, guru dan staf yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Langkah-langkah untuk memilih tidak rumit. Pemilih bisa masuk mengunakan usernima dan menggunakan NIK masing-masing. Setelah itu, mereka bisa memilih kandidat dengan mengakses link yang sudah diaktifkan oleh panitia mulai pukul 10.00-12.05 WITA,” jelasnya.

Screenshot 20210817 092607 Gallery Kabar Sumbawa
Kepala Madrasah, Abd. Azis, S.Ag

Terpisah, Kepala Madrasah, Abd. Azis, S.Ag., menyampaikan apresiasi kepada panitia pemilihan serta para pemilih yang telah mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi berbasis sekolah ini, sehingga berjalan tertib dan sesuai harapan.

“Saya merasa bangga, hari ini Panitia Pemilihan Ketua dan wakil ketua OSIM telah menjalankan tugasnya dengan baik. Meski pertama kali kita lakukan sistem online, tapi sukses,” ungkapnya.

Baca juga:  Apresiasi Program KKN Tematik Adminduk, KOMPAK dan Pemkab Sumbawa Beri Penghargaan

Dirinya berharap, momentum pemilihan ini, menjadi ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi siswa-siswi MAN 1 Sumbawa Barat.

Dirinya juga berharap, kandidat tepilih adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengemban amanah yang nantinya dapat memberikan terobosan dan ide cemerlang untuk kebaikan OSIM dan Madrasah.

“Kami ucapkan selamat kepada pasangan calon terpilih, mudah-mudahan ke depan OSIM MAN 1 Sumbawa Barat semakin Jaya,” tandasnya.

Untuk diketahui, hasil pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MAN 1 SB Tahun Ajaran 2021/2022, paslon nomor urut 02 Syahriza-Ariyo berhasil meraih suara terbanyak yakni 182 Suara. Sementara, paslin nomor urut 01 Faizal- Alisya mendapatkan 98 suara. Untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan seleksi anggota baru OSIM. Selanjutnya, akan dilantik secara bersama oleh Kepala Madrasah dalam waktu dekat. (KS/aly)

Komentar