oleh

Wisuda ke XIII STAI NW Samawa Sukses Digelar Secara Virtual

-Pendidikan-67 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nahdlatul Wathan (NW) Samawa sukses mewisudakan lulusannya secara virtual, Senin (09/08/2021) yang dipusatkan di Aula Hotel Sernu Raya. Gelaran wisuda ke-13 Tahun Akademik 2020/2021 ini, diikuti sebanyak 52 lulusan dari Program Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama Islam STAI NW Samawa.

Turut hadir dalam gelaran tersebut, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Kepala Kantor Kemenag Sumbawa, Ketua MUI Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag., Ketua PDNW Sumbawa secara langsung di Aula Hotel Sernu Raya. Sementara Sekjen PBNW Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan, QH, S.S, MA. dan sebagian wisudawan mengikuti prosesi acara dari rumah masing-masing.

Sekjen PBNW Prof. Dr. TGH. Fahrurrozi Dahlan, QH, S.S, MA., dalam sambutannya menyampaikan, atas nama PBNW mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan dan wisudawati yang secera resmi menjadi sarjana. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran STAI NW Samawa, PD NW Sumbawa, Ketua dan Pengurus Yayasan NW Sumbawa atas pengorbanan, perkhidmatan, dan loyalitas dalam rangka menegakan kalimat Allah melalui wadah organisasi maha kerya Maulana Syaikh TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid.

Menurutnya, momen ini dalam rangka mengenang sekaligus mengembangkan visi misi Maulana Syaikh di dalam ranga meningkatkan sumbar daya manusia yang unggul smart, cerdas secara spiritual, iman maupun secara sosial, amal saleh, kemudian cerdas secara intelektual.

“Hari ini adalah momentum bersejarah bagi para wisudawan/wisudawati yang ditorehkan melalui STAI NW Samawa. Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati semua,” pungkasnya.

Rektor STAI NW Samawa Drs. H.M. Putera Akbar, M.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas perjuangan sekaligus pencapaian para wisudawan dalam menyelesaikan pendidikan Starata 1 Program Pendidikan Ekonomi Syariah dan Pendidikan Agama.

Baca juga:  Belajar Film dan Teater, UNSA Undang Adi Pranajaya

Ia berpesan, agar para wisudawan tidak lantas puas dengan pencapaian saat ini. Namun justru harus dapat menyiapkan diri dalam menyambut berbagai macam perubahan saat ini.

“Semoga para wisudawan selamat dan sukses disertai kemudahan. Jadilah inisiator dalam pembangunan Sumbawa,” Harapnya.

Pada saat yang sama, Rektor menyampaikan kebanggaannya kepada lulusan NW selama ini. Sebab mereka menunjukkan diri mampu bersaing. Terbukti, banyak dari lulusan NW sudah bekerja lintas sektor. Mulai dari instansi pemerintah seperti BKD, Dinas Dikbud, Kemenag, Kantor Pajak hingga Perbankan.
“Ini menunjukkan lulusan NW mampu bersaing,” ujarnya.

Kepada Bupati yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor berpesan sekaligus meminta kesediaan bupati untuk mengangkat para guru kontrak dan GTT.

IMG 20210809 WA0014 Kabar Sumbawa
Perwakilan Wisudawan/wisudawati yang hadir di Hotel Sernu Raya

Sementara itu, Bupati Sumbawa Drs. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada STAI NW Samawa atas peran sertanya dalam mendukung kemajuan pendidikan di Tana’ Samawa.

“Ucapan selamat dan sukses juga saya sampaikan kepada adik-adikku para wisudawan/wisudawati atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan di STAI NW Samawa ini. Selama masa studi yang telah dijalankan, yang tentu saja tanpa kenal lelah disertai disiplin yang tinggi, saudara telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga mencapai puncaknya saat saudara dinyatakan lulus dan diwisuda pada pagi hari ini,”ucap Bupati.

Upacara wisuda ini kata Bupati,bukanlah akhir dari perjuangan. Melainkan langkah awal menuju kehidupan masa depan.
Bupati meyakini, bekal yang didapatkan selama menempuh pendidikan di STAI NW Samawa, cukup untuk bekerja sesuai dengan bidang para wisudawan nantinya.

“Jangan lupa, kalian juga harus selalu berdo’a, selalu berbakti kepada kedua orang tua, selalu belajar dan bersemangat mengembangkan kemampuan dimana pun saudara berkarya, dan yang paling penting adalah saudara harus terus berbuat baik kepada sesama. Semoga ilmu pengetahuan yang telah saudara peroleh benar-benar dapat diaplikasikan dengan baik, sehingga membawa manfaat dan keberkahan bagi masyarakat, bangsa dan negara kita tercinta,” pesannya.

Baca juga:  459 Mahasiswa Baru UNSA Resmi Di Kukuhkan

Prosesi wisuda pada hari ini lanjut bupati, merupakan refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan, hendaknya tidak hanya dipandang sebagai acara seremonial rutin saja. Tetapi lebih dari itu, harus disikapi secara arif dan bijak untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggaraan pendidikan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian hasil yang telah dicapai. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kerja keras dan usaha seluruh civitas akademik.

Dewasa ini, transformasi pembangunan menuju era persaingan dalam segala bidang membawa tantangan yang tidak mudah dan bahkan cenderung lebih berat dalam masyarakat. Sebagai upaya mempersiapkan SDM masyarakat, untuk lebih berkiprah dan mandiri dalam pengembangan potensi yang dimiliki, perlu adanya cendekiawan-cendekiawan muslim yang mampu memberikan pondasi yang kuat secara mental bagi masyarakat dalam menghadapi persaingan-persaingan hidup yang cukup kompetitif di masa-masa mendatang.

Untuk itulah, peran para alumni STAI NW Samawa akan semakin penting bagi pembentukan sumber daya manusia Sumbawa yang berdaya saing dan berkarakter.

“Saya percaya, STAI NW Samawa merupakan institusi pendidikan yang dapat diandalkan untuk melahirkan lulusan yang mumpuni baik di bidang akademik maupun akhlaqnya.

Tantangan lainnya yang harus dihadapi adalah bagaimana para alumni STAI NW SAMAWA ke depan dapat lebih berperan aktif dalam mendorong kemajuan daerah ini melalui berbagai karya nyata dalam pembangunan. Dengan demikian, insya allah visi-misi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban benar-benar akan mewujud nyata dalam setiap denyut pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” pungkas bupati. (KS/aly)

Komentar