oleh

Bupati Sumbawa Pastikan Pembungan Ponpes Assalam Berjalan Lancar

Sumbawa, kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengunjungi pembangunan Ponpes Assalam di kawasan Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir, Selasa (27/07/2021) kemari. Kunjungan dilakukan untuk memastikan proses pembangunan sejak 2020 lalu berlajan dengan lancar.

 

“Pemerintah daerah terus menunjukkan komitmen mendukung perkembangan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren di wilayah Kabupaten Sumbawa. Kita menyambut baik pembangunan Ponpes bawah naungan Yayasan Assalam Nusantara,” ungkap Bupati.

 

Dirinya sangat memagani bahwa di era ini, ijtihad pondok pesantren untuk mengembangkan ilmu keislaman dan moralitas luhur, cenderung dicurigai dan sering diasosiasikan sebagai predikat yang dapat menimbulkan kesalahpahaman, seperti fundamentalisme, ekstrimisme, radikalisme dan bahkan terorisme. Karena itu, menurutnya, merupakan tantangan besar bagi pondok pesantren untuk meluruskan stigmatisasi negatif tersebut.

Baca juga:  Komisi II DPRD Sumbawa Tidak Setuju BPR-NTB “Dimerger”

 

Lebih lanjut Bupati juga mengingatkan agar pondok pesantren harus kembali menekankan karakter dasarnya sebagai lembaga keagamaan dengan karakteristik yang pluralis, berwatak kerakyatan dan kebangsaan.

 

Bupati berpesan agar nantinya Ponpes Assalam dapat mengaktualisasikan perannya dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan karakter generasi Tana’ Samawa berlandaskan falsafah hidup tau samawa, yakni Takit Ko Nene Kangila Boat Lenge.

 

Sementara itu, Pendiri Ponpes Assalam, Dr. Sahrul Salam, dalam keterangan persnya mengatakan dalam waktu dekat, Ponpes Assalam akan menerima 20 santri nonformal. Ia juga mengungkapkan, dengan desain pesantren salaf tradisional, Ponpesnya akan mengajarkan materi Bahasa Arab, kitab kuning, dan tahfid Quran. (KS/)

Komentar