oleh

72 Unit MCK Individu Dibangun Tahun Ini

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 72 unit MCK (Mandi, Cuci, Kakus) individu akan dibangun tahun 2021 ini, dengan sasaran masyarakat yang tidak memilik MCK.

“Pembangunan baru MCK bagi masyarakat yang belum memiliki MCK. Hajatnya masyarakat bisa memiliki jamban sendiri, dan memperbaiki kualitas Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM),” kata Kepala Dinas PRKP Sumbawa melalui Kepala Bidang Perumahan dan Prasarana Sarana Utilitas Umum (P2SU) – Zubhan S.T, Selasa (29/06/2021) di Sumbawa.

Dijelaskan, Pemda menganggarkan Rp. 6.250.000 dari APBD untuk satu unit MCKP. Dana ini diperuntukkan pembelian material, upah pekerja dan biaya administrasi kelengkapan proposal atau laporan nantinya.

Baca juga:  Basarnas Latih Tehnik Pertolongan di Perairan

Kemudian, ukuran bangunannya 1,5 X 2 meter dengan dinding bata, plaster bagian dalam, atap galvalum dan lantai keramik.

“Pekerjaannya swakelola seperti bedah rumah, masuk ke rekening masyarakat. Secara berkelompok. Nanti kalau masarakat bau mengembangkannya juga bisa. Misalnya menambah luas, atau sebagainya. Yang jelas Pemda memberikan anggaran untuk 1,5 X2 meter,” jelasnya.

Untuk penerima bantuan MCK Individu, tersebar di sejumlah kecamatan. Saat ini, masih proses verifikasi. Ke depan, tidak menutup kemungkinan jika anggaran tersedia, MCK yang sudah ada akan ditingkatkan kualitasnnya. (KS/aly)

Komentar