oleh

Baguna PDIP Sumbawa Dilatih Tanggap Bencana

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – DPC PDIP Kabupaten Sumbawa menggelar seminar simulasi Penanganan Bencana, Sabtu (26/06/2021) di kantor PDIP Sumbawa, pagi tadi.

Kegiatan diikuti oleh anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Sumbawa selaku peserta. Hadir pada kegiatan in, ketua DPC PDIP Sumbawa Abdul Rafiq, Ketua Tagana Sumbawa Dedi Susanto S.Pdi, Ketua Bidang humas Tagana Sumbawa Zainuddin, SE, selaku pemateri, serta sejumlah anggota Tagana.

Pada simulai ini, Baguna diberi materi tentang petrolongan pertama terhadap korban gempa bumi. Dilakukan simulasi bagaimana pertolongan pertama terhadap korban yang mengalami patah tulang.

Ditemui usai kegiatan, Ketua DPC PDIP Sumbawa, A. Rafik SH mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu rangkai dari peringatan Bulan Bung Karno tahun 2021. Dimana, mengangkat tema Bhineka Tunggal Ika, Gotong Royong Untuk Desa Maju, Indonesia Kuat Dan Berdaulat”.

Baca juga:  Hamdhani dan Michael Gunner Inisiasi Sister City Darwin - Kalteng

Terlepas dari itu lanjut Ketua DPRD Sumbawa ini, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membekali Baguna DPRD Sumbawa, kemapuan tanggap bencana sebelum nantinya turun lapangan jika terjadi bencana.

“Kesiapsiagaan menghadapi bencana, baik pra bencana maupun pasca bencana menjadi tanggung jawab bersama untuk meminimalisir dampak yang terjadi,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Baguna PDIP Sumbawa. Dimana, akan dilaksanakan setiap tanggal 26 di setiap bulannya. Tentu, dengan materi yang berbeda.

“Agar kader PDIP memiliki kemampuan yang handal dalam mendeteksi serta melakukan kegiatan sosial di bidang kebencanaan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Abdul Rafiq mengucapkan terima kasih kepada Tagana Sumbawa yang telah bersidia menjadi pematari pada kegaitan seminar simulasi bencana ini.

Baca juga:  Volume Sampah Bertambah BPM LH Usul Penambahan Armada

Ia berjanji, sebagai ketua DPRD Sumbawa, ia akan membantu Tagana dari segi anggaran ke depan guna menunjang kegiatan tanggap bencana yang dilakukan oleh Tagana di lapangan. (KS/aly)

Komentar