Warga Binaan Lapas Sumbawa Dibekali Wawasan Kebangsaan

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S Sos, M.Tr (Han) memberikan Pembinaan dengan menanamkan nilai – nilai Wawasan Kebangsaan kepada 500 orang warga Binaan Lapas Kelas II A Sumbawa Besar bertempat di Aula Lapas Kelas II A Sumbawa Besar, Jl. Lintas Sumbawa-Bima Km. 6, Kelurahan Samapuin Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Kamis (10/06/2021).

Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai Pancasila, kesadaran bela negara, dan menjalankan nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia sebagai bekal pengetahuan dan sikap cinta terhadap bangsa dan negara, diwujudkan pada aktivitas sehari-hari selama berada di Kelas II A Sumbawa Besar.

Dandim 1607/Sumbawa sebelum menyampaikan materi Wasbang menyebutkan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya TNI untuk ikut berperan, khususnya di bidang Penguatan dan penanaman nilai-nilai Kebangsaan kepada warga binaan di Lapas kelas II A Sumbawa Besar. Diharapkan dengan kegiatan Wasbang ini, warga binaan Lapas ini nantinya setelah keluar dan kembali ke masyarakat memiliki rasa Cinta tanah air, disiplin dan memiliki semangat gotong royong.

Baca juga:  Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Selanjutnya Dandim 1607/Sumbawa melanjutkan materi Wasbang yang diawali dengan memberikan informasi tentang perkembangan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Sumbawa yang sampai saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif . Untuk itu, agar kita semua tetap semangat dalam menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air, rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 serta meningkatkan kesadaran dan peran serta dalam usaha bela negara, dilandasi oleh kecintaan tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu Dandim 1607/Sumbawa juga menyampaikan tentang Trend Perang saat ini yaitu salah satunya berupa Proxy War di Indonesia dengan sasaran adalah generasi muda untuk menghilangkan rasa Nasionalisme, menghilangkan rasa Patriotisme, tidak mau menghargai orang tua, cuek dan tidak peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa dan egoisme serta kebebasan tanpa batas, sehingga akan mudah dipecah belah dan mudah dikendalikan oleh pihak ketiga.

Baca juga:  Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Kepala Lapas Kelas II A Sumbawa Besar M. Fadli menyampaikan, pembinaan wawasan kebangsaan ini wujud sinergi Lapas Kelas II A Sumbawa Besar dengan Kodim 1607/Sumbawa guna menumbuhkan cinta tanah air bagi warga binaan yang menjalani pembinaan di Lapas Kelas II A Sumbawa Besar.

“Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan ini bekerjasama dengan Kodim 1607/Sumbawa guna menumbuhkan wawasan kebangsaan bagi warga binaan, ada output yang baik dengan lahirnya jiwa nasionalisme dan bela negara di kalangan warga binaan, salah satu wujud kecintaan kepada bangsa yakni mengikuti pembinaan dengan baik selama berada di Lapas,” ujar Fadli menegaskan.

Lebih lanjut, Fadli berharap ilmu dan pengalaman yang didapat selama menjalani pembinaan dan program rehabilitasi sosial di Lapas Kelas II A Sumbawa Besar dapat memberikan manfaat bagi diri dan keluarga saat bebas nanti. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Sumabwa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepolisian Resor Sumbawa melalui Sat...

Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tidak butuh waktu lama bagi...

Tim Gabungan Amankan Kayu Diduga Hasil Illegal Logging

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Operasi Gabungan (Opgab) TNI -...

Cegah Ilegal Logging, Tim Gabungan Amankan 32 Balok Kayu

Lunyuk, Kabarsumbawa.com - Tim Gabungan dari Polisi Kehutanan Plara...