Sumbawa Ekspor Perdana 22 Ton Umbi Porang ke Beberapa Negara di Asia

Date:

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama anggota komisi IV DPR RI, H. Johan Rosihan, S.T., melepas pengiriman 22 ton umbi porang menuju Surabaya, Jawa Timur, Selasa siang (8/6), sebelum akhirnya akan diolah dan diekspor menuju beberapa negara Asia seperti Tiongkok.

Pengiriman komoditas pertanian andalan baru Kabupaten Sumbawa bernama latin Amorphophallus muelleri ini adalah yang pertama kalinya, dan merupakan hasil kerjasama Cv. Karya Bersama Mandiri dengan 127 kelompok tani binaan yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sumbawa, seperti Kecamatan Batulanteh, Orong Telu, Ropang, dan Lenangguar.

Baca juga:  Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Hal inipun diapresiasi Bupati Sumbawa. Dalam sambutannya ia menyebut jika mampu dikelola dengan baik, umbi porang akan menjadi salah satu komoditas ekspor andalan Kabupaten Sumbawa selain jagung dan sarang burung walet. Terlebih menurutnya beberapa wilayah yang berada di dataran tinggi di Kabupaten Sumbawa sangat ideal dan potensial untuk dijadikan lokasi budidaya porang.

Namun, ditengah geliat sektor pertanian tersebut, H. Mo’ tak menampik masih adanya beberapa kendala dalam proses ekspor komoditas pertanian dari Kabupaten Sumbawa, diantaranya ialah belum memadainya fasilitas pendukung di pelabuhan. Hal itu diungkapkannya telah menyebabkan ekspor komoditas pertanian Sumbawa menuju negara importir harus melalui daerah-daerah perantara sebelumnya. Selain memperpanjang waktu pengiriman, hal tersebut juga berpotensi membuat nama Sumbawa sebagai salah satu daerah lumbung komoditas ekspor di Indonesia tidak dikenal di mata dunia.

Baca juga:  Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Karena itu, dihadapan anggota komisi IV DPR RI, H. Johan Rosihan, H. Mo’ mengungkap perlunya Sumbawa membenahi fasilitas pendukung dan memiliki pabrik pengolahan porang sendiri, sehingga porang hasil budidaya petani dapat langsung diolah di Sumbawa untuk kemudian di ekspor ke negara-negara tujuan. (ks)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

Polres Sumbawa Amankan Ratusan Gram Sabu di Utan

Sumabwa Besar, Kabarsumbawa.com - Kepolisian Resor Sumbawa melalui Sat...

Anak di Bawah Umur Diduga Nekat Mencuri untuk Beli Rokok

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Tidak butuh waktu lama bagi...

Tim Gabungan Amankan Kayu Diduga Hasil Illegal Logging

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Operasi Gabungan (Opgab) TNI -...

Cegah Ilegal Logging, Tim Gabungan Amankan 32 Balok Kayu

Lunyuk, Kabarsumbawa.com - Tim Gabungan dari Polisi Kehutanan Plara...