oleh

Tangani Pasien Covid-19, Pemda Sumbawa Siapkan RS Pembantu

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumbawa masih tinggi. Bahkan mengalami lonjakan setiap harinya. Terhadap hal ini, Pemda setempat menyiapkan Rumah Sakit (RS) pembantu sebagai tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., mengatakan, rumah sakit pembantu tersebut menggunakan bangunan lama Puskesmas Moyo Hilir. Disitu nantinya, akan digunakan untuk merawat pasien positif Covid-19 bergejalah ringan hingga sedang.

“Bekas puskesmas Moyo Hilir itu kita fungsikan nanti untuk merawat pasien yang terkonfirmasi positif tapi gejalah ringan atau sedang. Disitu sudah kita siapkan petugas kesehatan. Nanti dia dibawa RSUD. Kita sudah siapkan SK nya, kita pake untuk rumah sakit pembantu,” jelasnya kepada wartawan, Kamis 27/05/2021) di Sumbawa.
Terdapat 14 tempat tidur disediakan, 4 diantaranya sudah siap digunakan. Untuk sisanya, akan disiapkan secara bertahap sesuai dengan perkembangan pasien.
Selain menyiapkan bangunan lama puskesmas Moyo Hilir sebagai rumah sakit pembantu, Pemda juga sedang merehap bangunan yang berada di depan RSUD di Sering sebagai tempat isolasi. Proses rehap membutuhkan waktu sedikit lama.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serius Perhatikan Nasib Perawat Sukarela

“Disamping itu kita akan merehap bangunan di depan rumah sakit sering, tapi butuh waktu sekitar 1 bulan bisa dipakai. Nanti kalau ada yang komorbid, tetap kita bawa ke RSUD,” pungkasnya.

Untuk dikatahui, berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, per tanggal 27 Mei 2021, jumlah kasus positig sebanyak 1.516, sembuh 1.341, meninggal dunia 91, dan masih positif sebanyak 84 orang. (KS/*)

Komentar