oleh

Aksi Masyarakat Sumbawa untuk Palestina

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Masyarakat Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam aliansi Sumbawa untuk Palestina menggelar aksi damai meminta Pemerintah Daerah bersikap atas tindakan militer israel terhadap Palestina.

Aksi yang digelar, Jumat (21/05/2021) siang, diawali dengan long march dari Lapangan Pahlawan menuju Kantor Bupati Sumbawa. Aksi dikawal oleh Kepolisian Polres Sumbawa. Massa aksi diterima oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi oleh Sekda Drs. H. Hasan Basri, MM.

Dalam aksi ini, massa mengutuk penjajahan bangsa Israel terhadap Palestina. Menurut mereka, penjajahan tersebut bertentangan dengan semangat perdamaian dunia dan pengakuan hak-hak Negara dan Bangsa untuk hidup dengan sejahtera, aman, merdeka dan berdaulat.

Tetrikal oleh massa aksi

Massa aksi mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina. Medorong Pemda untuk mendukung kemerdekaan Palestina lebih agresif dan progresif.

Baca juga:  Kodim 1607/Sumbawa Bantu Warga Hadapi Pandemi Covid-19

Mendorong Pemerintah untuk menjamin keselamatan seluruh warga Negara Indonesia yang berada di Palestina yang bejuang sebagai garda terdepan aktivis kemanusian.

Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menyerukan, menyuarakan, serta mendukung kemerdekaan Palestina baik dengan kampanye di Media Sosial, berinfaq, sedekah dan hal apapun yang bisa dan sanggup dilakukan.

Medorong Pemerintah Sumbawa untuk mengeluarkan surat edaran dan kebijakan terhadap instansi hingga Pemerintah Desa untuk mengeluarkan infaq berupa uang dan infaq terbaik sebagai bentuk dukungan kemerdekaan palestina.

Mendorong Pemerintah Daerah mengeluarkan surat edaran terkait pengibaran bendera Palestina disetiap desa-desa dan instansi di Sumbawa.

Mendorong Pemerintah Daerah untuk mengeluarkan surat edaran terkait instruksi shalat ghaib untuk masyarakat. Dan mendorong Pemerintah Sumbawa mengeluarkan pernyataan sikap untuk memboikot produk-produk yahudi di Sumbawa.

Baca juga:  Gempa Magnitudo 5.2 Guncang Dompu
Aksi tetrikal oleh massa aksi

Menanggapi hal ini, Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah., mengatakan, Pemda sangat mendukung apa yang disampaikan oleh peserta aksi. Ia benjanji akan menyampaikan ini ke Pemerintah Provinsi hingga Pusat. Pemda juga akan meninta kepada Camat dan Desa agar ikut mendukung aksi ini.

“Apa yang anda tuntut kami juga ikut menyuarakan itu, nanti akan kami sampaikan ke tingkat yang lebih tinggi, provinsi hingga pusat. Kami akan sampaikan kepada Camat dan Kepala Desa untuk mendukung aksi ini,” pungkasnya.

Aksi diakhiri dengan tetrikal memperagakan kondisi masyarakat Palsetina yang dijajah oleh Israel. (KS/aly)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *