14 Desa Usulkan Pemerkaran Dusun

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 14 Desa di Kabupaten Sumbawa mengusulkan pemekaran Dusun tahun 2021 ini. Saat ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat tengah turun melakukan survei lapangan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Deden Fitriadi, S.TP., M.Si., kepada wartawan, Senin (19/04/2021) di Sumbawa.

Disebutkan, 14 Desa dimaksud yakni Desa Batu Bangka dan Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir. Desa Sukamaju, Pada Suka, dan Emang Lestari, Kecamatan Lunyuk. Kemudian Desa Deta Kecamatan Lape, Desa Gapit Kecamatan Empang.

Baca juga:  Jadi UPT BLK, Diharapkan Beri Konstribusi Signifikan Terhadap Capaian Program Pemerintah

Selanjutnya, Desa Juran Alas, Kecamatan Alas. Desa Usar, Selante dan Sepayung Kecamatan Plampang, Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Desa Sebedo Kecamatan Utan dan Desa Gontar Kecamatan Alas Barat.

“Untuk jumlah Dusun saya lupa jumlah keseluruannya. Yang jelas 14 Desa ini akan melakukan pemekaran Dusun,” ungkapnya.

Dijelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan survei lapangan. Dari total 14 Desa yang mengajukan, baru 2 Desa yang dilakukan survei.

“Dari 14 itu kita sudah turun 2 Desa. Dua sistem acara melakukan cek pemekaran ini, pertama kartografi. Dan kedua Survei lapangan. Karena SDM yang ada disini (DPMD-Red) tidak dilatih kartografi maka menggunakan metode survei lapangan dengan berkoordinasi dengan Desa kerena Desa tersebut sudah tahu letak batas antara Dusun induk dengan dusun yang dimekarkan,” jelasnya.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Publik, Sekda Sumbawa Kunjungi 4 Dinas Klaster Penting

Untuk pembiayaan pemekaran Dusun ini lanjut Deden, dibebankan kepada APBDes masing-masing Desa. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran di APBD. Pemekaran ditargetkan rampung di dalam tahun ini.

“Supaya pemekaran bisa tetap berjalan, maka solusinya Desa yang membiayai melalui prioritas pembiayaan Dana Desa. Pemekaran ditargetkan selesai tahun ini juga,” pungkasnya. (KS/aly/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...