oleh

KPU Lakukan Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupeten Sumbawa saat ini tengah melakukan pemutahiran data pemilih berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumbawa, Muhammad Kaniti, Rabu (07/04/2021) kepada wartawan di Sumbawa.

Ken sapaan komisioner ini, menjelaskan, pemutahiran data pemilih berkelanjutan ini dilakukan dalam rangka memperbaiki kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) tujuannya untuk mempersiapkan data pemilih yang akan dipergunakan pada pemilu 2024 mendatang.

“Kami diinstruksikan oleh KPU RI untuk melakukan pemutahiran data pemilih berkelanjutan,” ungkap Ken.

Lanjutnya, proses saat ini telah masuk pada triwulan pertama. Dimana, pihaknya tengah menginput DPTB yang ada pada Pemilu 2020. Sebelumnya, pihaknya telah berkoordinasi dengen Bawaslu dan Polres Sumbawa untuk membuka kotak suara yang ada di gudang logistik KPU.

Baca juga:  Perempuan Berdaya, Bangsa Berdaya

Lanjutnya, terdapat beberapa dokumen yang akan diambil di dalam kotak suara tersebut antara lain, daftar hadir pemilih yang masuk di DPT, daftar hadir pemilih pindahan, dan daftar hadir pemilih tambahan. Data tersebut nantinya akan diinput ke dalam aplikasi Sistim Informasi Data Pemilih atau SIDALI.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam melakukan pemutahiran data ini, pihaknya akan bekerjasama dengan beberapa pihak. Seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), TNI-Polri terkait pemilih yang telah beralih status menjadi aparat maupun yang telah pensiun.

Kemudian, dengan pihak Kemenag terkait dengan masyarakat yang sudah beralih status dari belum menikah menjadi menikah. Serta Pemerintah Desa melalui Forum Komunikasi Kepala Desa (FK2D) untuk memutahirkan data pemilih di semua Desa dan kelurahan.

Baca juga:  IPM Kabupaten Sumbawa Tahun 2020 Tumbuh 0,01 Persen

“Nanti hasilnya akan diplenokan untuk kemudian diumumkan jumlahnya,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar