by

Raberas Kebanjiran, Dewan Dorong Pemda Bangun Tanggul Pengaman

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Meluapnya air sungai kecil yang melintasi lingkungan Raberas, Kelurahan Seketang, Kecamatan Sumbawa, kerana hujan deras, Jumat (26/03/2021) kemarin, mengakibatkan pemukiman warga setempat direndam banjir.

Kondisi ini hampir terjadi setiap tahun ketika musim penghujan datang. Selain merendam rumah warga, luapan air tersebut juga merendam arel persawahan.

Anggota Anggota Fraksi PKB DPRD Sumbawa yang juga Sekretaris Komisi II Ridwan Sp merasa prihatin terhadap kondisi ini. Terlebih lagi, ditengah kondisi ekonomi yang belum stabil dampak pandemi Covid-19.

Ridwan pkb
Anggota Anggota Fraksi PKB DPRD Sumbawa yang juga Sekretaris Komisi II Ridwan Sp

‘’ Selain isi rumah warga seperti perabotan, barang elektronik dan beras serta yang lainnya terendam semua, itu lantaran derasnya luapan air kali yang menghantam pemukiman secara tiba-tiba, tanpa ada rentang waktu untuk warga menyelamatkan hata bendanya,” ungkap Ridwan.

Baca juga:  Pilkada Serentak, Khofifah Pilih Sambangi Korban Banjir Besar Sumbawa

’’Isi rumah warga sudah terendam banjir, ditambah lagi dengan rusaknya area persawahan yang tinggal menghitung hari warga akan memanen padi hasil keringat mereka,” lanjutnya.

Terkait kondisi ini, meminta Pemerintah Daerah melalui Dinas tekhnis segera turun lapangan, serta mencari jangka pendek maupun jangka panjang.

‘Kami minta kepada pemerintah melalui dinas tekhnis untuk segera melakukan kroscek lapangan, titik-titik mana yang segera ditangani dengan anggaran yang ada. Jika tidak memungkinkan maka akan dianggarkan pada APBD murni atau eksekutif dan legislatif bersama-sama melakukan loby ke pemerintah provinsi, dan kondisi ini sudah kami laporkan ke Pemerintah setempat meski secara lisan,” pungkasnya. (KS)