oleh

Pilkada Sumbawa, KPU Menang di MK

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa menang di Mahkamah Konstitusi (MK) atas perkara Perselisihan Hasil Pimilihan (PHP) Pilkada Sumbawa, 09 Desember 2020. Hal ini berdasarkan putusan MK nomor 110 PHP Kabupeten Sumbawa yang menyatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya, Kamis (18/03/2021) sore.

Ketua KPU Sumbawa Muhammad Wildan, M.Pd., dihubungi wartawan membenarkan putusan tersebut. Dikatakan, saat ini pihaknya masih menunggu salinan putusan tersebut. Apabila salinan putusan telah diterima, maka paling lama Lima hari setelahnya akan dilaksanakan Pleno penetapan calon terpilih.

“Tadi ketua majelis menginformasikan kepada kita semua bahwa paling telat 3 hari kerja MK akan mengirimkan soft copy hasil keputusan kepada KPU. Apabilah sudah kami terima, dalam PKPU kami, 5 hari paling telat kami melaksanakan pleno penetapan calon terpilih. Sekarang kita tunggu saja dulu salinan putusan,” ungkapnya.

Baca juga:  Wabup Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Daerah

Pada kesempatan ini, Wildan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan Pilkada Sumbawa 2020. Ia berharap, agar masyarakat tetap menjaga kodusifitas daerah.

“Harapan, tetap kita jaga kondusifitas. Terima kasih kepada masyarakat sumbawa telah bersama-sama dewasa dalam berdemokrasi baik sebagai pemilih ataupun penyelenggara, pemerintah Kabupaten sampai tingkat bawah telah bersama-sama mensukseskan pilkada 2020 dengan baik, aman, kondusif sehingga sampai saat ini kita sudah melihat, dapat memperoleh calon terpilih,” pungkasnya.

Terpisah, Drs. H. Mahmud Abdullah ditemui di Grand Hotel Sumbawa mengatakan, pihaknya mensyukuri putusan MK atas gugatan yang dilayangkan oleh penggugat pasangan Nomor Urut 5 Jarot-Mokhlis.

Baca juga:  Antisipasi Persoalan Buruh Migran, Tiga Lembaga Tandatangani MOU

Atas keputusan ini, Haji Mo mengajak semua pihak untuk menerima hasil putusan tersebut saling merangkul membangun Sumbawa. Ia juga meminta kepada pendukungnya untuk tidak merayakan kemenangan ini dengan cara berlebihan. Cukup dengan bersyukur dan berdoa di rumah masing-masing.

“Kita saling merangkul semuanya. Untuk Sumbawa ini tidak mungkin kita sendiri-sendiri tapi kita tetap bersatu kita harapkan para pendukung maupun bukan pendukung kami mari kita bersatu,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar