by

Tender Puskesmas Ropang Tunggu Pengesahan Anggaran

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Kesahatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa memastikan pembangunan Puskesmas Ropang dilanjutkan di tahun 2021 ini.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dikes Abdul Malik, Rabu (10/03/2021) kepada wartawan di Sumbawa.

Dikatakan, lanjutan pembangunan Puskesmas ini telah mendapatkan surat izin dari Kapolres Sumbawa. Termasuk kesiapan anggarannya.

“Setelah keluar surat itu, kami mulai diskusi lagi untuk menghitung berapa anggaran yang ada dan berapa anggaran untuk pembangunan,” ungkapnya.

Dijelaskan, terdapat dua opasi anggaran yang bisa digunakan. Pertama anggaran yang tidak terserap itu sebanyak Rp 2,1 miliar. Kemudian anggaran yang harus dikembalikan oleh pihak ketiga Rp 1,8 miliar. Sehingga totalnya hampir Rp 4 miliar.

Namun, saat ini anggaran yang bisa dilakukasikan untuk pembangunan tahun ini adalah anggaran yang tidak terserap sebesar Rp 2,1 miliar ditambah dengan anggaran untuk pengawasan dan review desain. Jadi totalnya sekitar Rp 2,4 miliar, karena ada penambahan pembangunan jalan masuk.

Baca juga:  Musda ke-10 NW Kabupaten Sumbawa Sukses Digelar

“Kondisi ini sudah final rencananya. Tinggal pengesahan anggaran yang kami sedang bahas. Ketika anggaran ini sudah ditetapkan dan disahkan maka segera akan saya tender. Tinggal sekarang ini kami menunggu pengesahan yang sudah kami usulkan ke BPKAD melalui hasil yang telah kami rencanakan,” jelasnya.

Disampaikan, dalam lanjutan pembangunan ini, pihaknya tidak melihat desain awal. Karena jika melihat desain awal, sangat tidak cukup anggaran yang tersedia. Sehingga fokus pengerjaan hanya pada lantai 1. Pihaknya akan memaksimalkan anggaran Rp 2,1 miliar tersebut untuk pembangunan lantai 1 yang merupakan ruang pelayanan.

Sementara ruang administrasi lantai dua akan dilanjutkan pada tahapan berikutnya. Anggaran yang digunakan diharapkan dari uang sebesar Rp 1,8 miliar yang dikembalikan pihak ketiga.

Menurutnya, yang penting saat ini, Puskesmas Ropang bisa melayani pasien sesuai standar pelayanan kesehatan. “Mudahan dalam bulan ini semua angggaran itu sudah bisa disahkan. Kerena target kita bulan 5 paling telat ditender. Kalau disahkan bulan ini, maka akan kami tender bulan 4. Karena semua dokumen sudah lengkap,” pungkasnya. (KS/aly)