Sumbawa Tergetkan Produksi 8.400 Ton Garam Tahun Ini

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Terget produksi garam Pemerintah Kabupaten Sumbawa tahun 2021 sebanyak 8.400 ton. Jumlah ini sedikit meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 8.000 ton.

Hal ini disampaikan ole Kapala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa, Ir. Dirmawan, Kamis 04 Februari 2021 di ruang kerjanya.

Dijelaskan, untuk mengejar target tersebut, berbagai upaya akan dilakukan. Pertama dengan ekstensifikasi atau mencoba membuka lahan baru untuk produksi di daerah sekitar Sepayung. Selain perluasan, upaya lain juga melalui intensifikasi atau melalui integrasi lahan. Di mana sistem integrasi lahan ini, selain meningkatkan kualitas garam yang dihasilkan juga dapat meningkatkan produktifitas perhektare.

Baca juga:  Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

“Tahun 2021 kita akan mencoba produksi garam ini di beberapa lokasi. Pertama ada di daerah petambak garam rakyat di Labuhan Bontong, Sepayung, produksi garam di Labu Kuris, daerah Labuhan Bajo Utan. Itu ada beberapa kegiatan. Nanti kita integrasikan produksi garam di Bajo Utan. Sambil kita coba tahun ini. Tahun kemarin sudah di Labuhan Kuris dan Bontong,”jelasnya.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Sampaikan LKPJ Tahun 2023

Dirmawan mengakui, realisasi produksi garam tahun 2020 memang tidak memenuhi target. Yakni hanya lebih kurang 5.567 ton, ini merupakan hasil produksi di wilayah petambak garam Bontong, Kuris, Labuhan Bajo Utan.

Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya penurunan produksi garam 2020. Yakni anomali cuaca di mana hujan masih terjadi sampai dengan bulan Juli, sehingga kegiatan produksi garam baru dilakukan pada bulan Agustus. Sementara musim hujan itu akhir akhir Desember sudah mulai. Sehingga waktu produksi sangat pendek. (KS/aly)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...