by

Ketua DPD PAN Sumbawa Dipilih Melalui Musyawarah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dewan Perwakilan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Sumbawa melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke V Tahun 2021.

Kegiatan dilaksanakan, Jumat 26 Februari 2021 siang di Kantor DPD PAN setempat. Musda dibukan langsung secara virtual oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua, pengurus DPD dan DPC PAN Sumbawa. Kegiatan merepatkan protokol Covid-19.

Ditemui usai kegiatan, Muhammad Jabir, SH.,MH., mengatakan, mekanisme pemilihan kali ini berubah. Pola pemilihannya menggunakan mekanisme musyawarah. Ini berdasarkan perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

“Tidak ada pemilihan seperti sebelumnya. Mekanismenya berubah mengikuti pola pemilihah Pemimpin di Muhammadiyah, karena kita lahir hari rahim Muhammadiyah. Jadi melalui mekanisme musyawarah,” kata Jabir sapaan akrabnya.

Baca juga:  Reses di Sumbawa, Sambirang Siap Perjuangkan Peningkatan Sarpras Pendidikan

Lanjutnya, Tim Formatur telah ditunjuk oleh DPP. Tim berjumlah Sembilan orang terdiri dari Empat anggota Fraksi PAN, sisanya dari unsur pengurus harian. Selanjutnya, Tim akan melaksanakan musyawarah. Tim ini juga, akan menyusun pengurus secara keseluruhan.

“Formatur telah dibentuk. Kita diminta musyawarah oleh DPP untuk menentukan ketua. Tim Formatur semua anggota DPRD dan pengurus harian. Kita diminta susun pengurus seluruhnya,” terangnya.

Jika musyawarah pemilihan ketua ini tidak membuahkan hasil kata Jabir, maka akan dipilih langsung oleh DPP. Menurutnya, semua orang berpeluang untuk menjadi ketua. Baik dari Kader maupun luar partai.

“Jika tidak terjadi dimusyawarah maka dipilih oleh DPP. Semua berpeluang menjadi ketua. Biar orang luar partai pun bisa,” pungkasnya.

Baca juga:  Dukung Operasional Pejabat, Pemkab Sumbawa Alokasikan Pengadaan Dua Randis

Jabir menambahkan, melalui Musda ini, DPP PAN meminta seluruh Kader untuk bekerja kompak, bekerja keras mempersiapkan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang. (KS/aly)