by

Persoalan Banjir Sumbawa, Ansori Ajak Semua Pihak Bersinergi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Banjir masih mesih menjadi permasalah mendasar di Kabupaten Sumbawa. Terutama pada musim hujam.

Terhadap kondisi tersebut, Wakil Ketua 1 DPRD Sumbawa Drs. Mohammad Ansori mendorong Pemerintah Daerah untuk segera mencari solusi penanganan bencana alam ini.

Menurutnya, harus ada langkah komprehensif dan terintehritas dari hulu sampai hilir. Juga langkah yang ditempuh tidak boleh sepotong-sepotong.

“Kita harus secara bersama-sama semua stakeholder yang ada di Sumbawa ini, tidak hanya duduk bersama. Tetapi bergerak bersama. Mulai hulu sampai hilir untuk pencegahan banjir,” ujar Ansori.

“Banyak hutan yang gundul, banyak pembukaan dan lain sebagainya. Tapi harus dibarengi dengan memberikan sosialisasi bagaimana harus dihijaukan lagi, ditanami lagi hutan yang gundul,” tambahnya.

Baca juga:  Penjabat Bupati Sumbawa Sampaikan LKPJ Tahun 2020

Untuk di wilayah kota, solusinya ia menekankan agar segera dilakukan normalisasi sungai dan pemasangan talud pengaman banjir.

“Itu harus (normalisasi sungai dan pemasangan talut). Karena wilayah jantung Kota Sumbawa ini terletak pada hilirnya aliran sungai dari hulu itu. Muaranya di situ semua. Jadi normalisasi ini harus dilakukan dan untuk pengaman lagi harus ada talud, ada bronjong. Supaya aliran sungai yang setiap tahun membludak tidak masuk ke permukiman,” jelasnya.

Dikatakan, sampai saat ini belum ada gerakan yang masif dari Pemda. “Jadi kami juga mendorong kepada pemerintah daerah untuk mengatensi supaya tidak terjadi banjir yang lebih besar lagi. Ini yang dirasakan oleh warga Sumbawa khususnya warga masyarakat yang dekat dengan bantaran sungai selalu was-was setiap musim hujan,” pungkasnya. (KS/aly)