oleh

Gahtan Ingin Prajak Kembali Jadi Sentra Budidaya Rumput Laut

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Anggota Fraksi Golar DPRD Kabupaten Sumbawa, Gahtan Hanu Cakita menginginkan Dusun Prajak, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir, kembali menjadi sentra budidaya rumput laut di Kabupaten Sumbawa.

Hal ini disampaikannya saat reses di Dusun Prajak, Selasa (09/02/2021) sore. Pada reses kedua masa sidang 1 Aan ditemani Kabid Perikanan dan Budidaya Dislutkan Sumbawa – Rahmat Hidayat, serta BPD dan Pokdarwis Desa Batu Bangka.

Pada kesempatan tersebut, Aan sapaan akrab anggota Komisi III ini mengutarakan keinginannya menjadikan Prajak sebagai sentra budidaya rumput laut seperti dulu lagi.

“Mau saya sentra budidaya rumput laut ini, orang yang mencari bibit rumput laut ini di Dusun Perajak. Sehingga perekonomian juga meningkat. Tapi untuk langkah awal tidak apa-apa kita memanfaatkan bibit dari budidaya di tempat lain yang sudah jalan dulu,” ujarnya.

Baca juga:  F-PPP dan Nasdem Minta Pemda Bangun TPA

Membuktikan keseriusannya, bantuan untuk rumput laut ini akan diupayakan terealisasi di APBD Perubahan 2021. “Saya akan mengupayapakan agar hal ini segera terealisasi,” tambahnya.

Terkait kekhawatiran masyarakat akan terjadinya gagal panen, Aan mengharapkan instansi terkait bisa memberikan solusi terbaik. “Kita harus berfikir selalu berhasil, jangan gagal dulu. InsyaAllah, Perajak akan kembali menjadi Sentra Budidaya Rumput Laut,” tandasnya.

Selain pengambangan ruput laut, pada reses tersebut juga terkemuka aspirasi lainnya. Seperti, datang dari Pokdarwis setempat yakni bantuan sarana prasarana dalam menjalankan program dan untum mengawasi oknum nelayan melakukan ilegal fishing. Sementara dari kelompok ibu-ibu pengelolaan ikan ‘Lancar Rezeki’ meminta bantuan untuk pengembangan usaha. Yaitu dengan pengadaan sarana penunjang.

Baca juga:  Kematian Bayi Prematur Dipertanyakan Pihak Keluarga

“Saya fokus industrilisasi perikanaan ini untuk Kelompok Lancar Rezeki. Dengan alat yang modern. Kemudian jaring, sampan, mesin saya siap, akan kita upayakan. Tapi yang menjadi prioritas budidaya rumput laut dan industrilisasi perikanan,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar