oleh

114 Ribu Bibit Lamtoro Ditanam di KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 114.000 bibit Lamtoro di tanam di wilayah Desa Kiantar, Kecamatan Poto Tano. Ratusan bibit tersebut ditanam di atas lahan seluas 38 hektar.

Penanaman yang dilakukan pada Hari Selasa (09/02/2021) kemarin dilakukan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Berang Rea Puncak Ngengas Dinas Pertanian dan Peternakan BPTP NTB dan Universitas Mataram bersama Kelompok Tani Hutan dusun sangena.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Berang Rea Puncak Ngengas Odi Muhadi Saputra S.Hut mengatakan, program penghijauan ini sebagai dukungan terhadap program pemerintah Provinsi NTB yakni NTB HIAJU dan LESTARI.

Dijelaskan, kegiatan penghijauan penanaman Lamtoro bersama dengan melibatkaan kelompok tani hutan, Pemerintah Desa dan Dinas pertanian peternakan Kabupaten Sumbawa Barat yang merupakan program BPTP NTB dan Universitas Mataram sebagai upaya penghijauan di seluruh wilayah Sumbawa Barat.

Baca juga:  Kodim 1628/SB Bersama Masyarakat Perbaiki Jalan Rumah Apung

Tidak hanya itu kegitan tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk membantu ketersedian pakan bagi peternak yang ada di wilayah kecamatan Tano.

“penghijauan akan terus kami lakukan diseluruh wilayah kabupaten Sumbawa Barat untuk mendukung program Gubernur Nusa Tenggara Barat “NTB HIJAU dan LESTARI”. Tentu kesadaran masyarakat sangat penting dalam menjaga keseimbangan Hutan, terus menanam untuk masa depan Hidup yang Lebih baik . Jaga Hutan Untuk Kita semua” Ungkap Odi sapaan akrap.

Sementara itu Kepala Desa Kiatar Hasbullah mengapresiasi dan mendorong apa yang di lakukan KPH Berang Rea Puncak Ngengas, BPTP Nusa Tenggara Barat dan Universitas Mataram dalam melakukan penanaman lamtoro di Wilayah dusun sagena.mengingat sebagian besar masyarakat Desa berpropesi sebagai peternak, tentu dengan adanya penanaman lamtoro akan membantu ketersedian pakan bagi peternak nantinya.

Baca juga:  Sambut Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Sumbawa Bagi Ratusan Masker

“Kami di Desa Kiatar sangat kesulitan mencari pakan ternak apalagi lagi kalo musim kemaro ketersediaan pakan bagi peternak kami sangat sedikit.InsyaAllah dengan adanya program ini akan sangat membantu ketersedian Pakan bagi peternak yang ada di Desa, kami berharap perogram seperti ini terus dilakukan di desa kami,” pungkasnya. (KS)

Komentar