oleh

Sampah Terbawa Arus Penuhi Pantai Wisata Ai Lemak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sampah pelastik hingga ranting kayu memenuhi kawasan pantai wisata Ai Lemak, Sumbawa, Jumat (05/02/2021) pagi. Sampah tersebut terbawa arus laut yang belakangan ini cukup besar.

Mike Pengelola Wisata Ai Lemak dihubungi wartawan menyebutkan, sampah tersebut berasal dari sampah yang dibuang ke Sungai. Ketika banjir, sampah terbawa air ke laut dan berakhir di pantai.

“Sampah nya mendominasi pembuangan sampah di sungai. Ketika banjir , ditumpahkanlah semua sampah tersebut ke laut. Dimana titik akhir laju sampah ini di pantai Ai Lemak,” ungkapnya.

IMG 20210205 WA0047 Kabar Sumbawa

Menurutnya, ini tejadi setiap tahun. Terutama ketika musim hujan. Untuk itu kata dia, diperlukan peran pemerintah setempat memberi edukasi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Baca juga:  Dorong Pariwisata Sumbawa, Yessy Gusman Bermalam di Lantung dan Adi Pranajaya Bikin Film Dokumenter Pariwisata

“ini setiap tahunnya makin parah. Pola hidup masyarakat karena kurangnya kesadaran. Ya gini jadinya. Butuh peran pemerintah untuk memberikan edukasi ke masyarakat,” harapnya.
Ia juga berharap, pemerintah menyediakan fasilitas penjungan untuk penanganan sampah. Seperti tempat pembuangan akhir hingga pengolahannya.

“Penanganan yang dilakukan untuk sekarang yaitu membersihkan sampah tsb disekitaran pantai ai lemak. Walaupun tiap besoknya datang lagi, setidaknya berkurang. Kendalanya ini kan sudah jadi bencana atau musibah tahunan. Bingung sampah ini mau dibawa kemana. Jumlahnya tidak sedikit,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar