by

Kapolres Tanggapi Serius Aktivitas PETI di Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra, S.IK., memberi perhatian serius terhadap aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kabupaten Sumbawa.

Terlebih, pasca insiden di sebuah lubang penambangan emas di Desa Mapin Rea, Kecamatan Alas Barat, yang memakan korban jiwa beberapa waktu lalu.

Ditemui disela sela kegiatannya, Rabu (03/02/2021) di Sumbawa, Kapolres mengatakan, terkait aktivitas PETI di wilayah hukum Polres Sumbawa, sebenarnya pihaknya sudah melangkah dari jauh-jauh hari. Mulai dari imbauan, peringatan hingga penertiban.

“Yang kemarin terjadi di Kecamatan Alas Barat itu memang terpencil dan di lahan pribadi yang hanya satu di situ,” sebutnya.

Baca juga:  Polres Loteng Semprot Disinfektan dan Beri Himbauan Pada Masyarakat

Untuk menghindari adanya kejadian serupa, pihaknya akan melakukan koordinasi dan pengecekan di lapangan dengan instansi terkait.

“Kemarin sudah kita lakukan di salah satu Desa di Kecamatan Moyo Hulu. Dan yang lainnya juga akan kita lakukan pengamatan dan pemeriksaan di lapangan. Dan juga kita lihat jangan sampai tempat-tempat tersebut di tempat yang tidak dibolehkan atau di kawasan hutan. Itu malah melanggar sampai dua tiga aturan. Di lahan pribadi yang jelas ada aturannya. Nanti tim gabungan akan turun,” pungkasnya. (KS/aly)