oleh

Pemutakhiran Data Penerima BST dan BPNT Rutin Dilakukan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa rutin mlakukan pemutahiran data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang disalurkan melalui POS dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui agen BRI Link.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial – Mirajuddin S.T kepada wartawan, Senin (01/02/2021) di Sumbawa.

Dikatakan, pemutakhiran data dilakukan lantaran banyaknya penerima di bulan Januari yang tidak terakomodir lantaran terdapat perbedaan dengan data dari Dinas Dukcapil Sumbawa.

“Bahkan sampai 5.000 an tidak menerima karena ada pemadanan dengan data Dukcapil. Itu tidak padan dengan data Dukcapil. NIKnya itu tidak di kenal. Itu yang kita koordinasi dengan Dukcapil agar data itu valid. Setiap minggu perbaikan data. Mulai tahun ini,” jelasnya.

Baca juga:  Proyek SPAM Ai Ngelar Ditargetkan Tuntas Akhir Tahun 2020

Selain itu juga lanjutnya, bersamaan dengan adanya tambahan kuota 4.002 KK untuk PKH. Sementara untuk BST ini tidak boleh dobel dengan PKH. Inilah yang harus dilakukan perbaikan.

Dijelaskan, perbaikan dilakukan melalui apilikasi pemutakhiran data yang dibuka oleh Kemensos. Aplikasi tersebut merupakan terosan terbaru dari Kementarian Sosial dalam rangka memutakhirkan data penerima bantuan sosial.

“Jadi kemensos membuka kesempatan untuk dilakukan pemutakhiran setiap minggu. Jadi setiap hari Sabtu pukul 00.00, aplikasi untuk pemutahitran dibuka. Kita bisa melakukan perbaikan diaplikasi itu sampai dengan hari Rabu pukul 23.59. Baru mereka Kamis sampai Jumat proses untuk perbaikan. Minggu depan dibuka lagi,” jelasnya.

Baca juga:  Cegah Korupsi Dana Desa, Kajari dan Ratusan Kades Gelar Deklarasi Anti Korupsi

Raju sapaan akrbanya berharap, adanya pemutakhiran data secara rutin ini, menjadi kesempatan masyarakat menerima bantuan bisa lebih merata dan tidak tupang tindih. (KS/aly)

Komentar