oleh

AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA

-Opini-84 views

Oleh : Tirta Ananta Raka Taiza – Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas muhammadiyah mataram

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sederhananya saya lahir dan dibesarkan di Indonesia, menuntut ilmu dan hidup di Indonesia. Lantas hal tersebut harus membuat saya bangga. Meskipun kita ketahui Indonesia memang ┬ábelum menjadi negara maju yang taraf kesejahteraan penduduknya di atas rata-rata. Tapi, sebagai warga Negara yang baik sudah sepatutnya kita bangga dengan bangsa sendiri dan bertekad dengan terus mengobarkan api semangat bersama untuk memajukan bangsa.

Yang mebuat saya lebih bangga lagi adalah karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang kepulauannya terbanyak di Dunia lebih kurang 16.000 pulau yang tersebar dari Pulau Nias sampai Pulau Papua, dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya itu di Indonesia terdapat ribuan suku dan bangsa yang tersebar di 34 provinsi . Hal inilah yang membuat Indonesia memiliki banyak sekali ras, suku, budaya, adat istiadat yang berbeda – beda di setiap daerah.

Baca juga:  MENGATASI KETERLAMBATAN DALAM KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA PENDIDIKAN USIA DINI

Keunikan Indonesia dengan berbagai macam suku bangsa tersebut, tidak membuat warganya pecah tercerai berai. Mereka dapat bersatu dan mnjalin hubungan kekeluargaan di bawah ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebutlah yang membuat masyarakat Indonesia memiliki persatuan yang kuat dan tidak mudah terpecah belah.

Selain adat istiadat yang berbeda-beda Indonesia juga kaya akan hasil alam seperti rempah- rempah dan semacamnya. Bahkan karena kesuburan tanah dan melimpahnya hasil alam Indonesia, salah satu Group Band Legendaris Koes Plus menggambarkan Indonesia dalam lagunya yang berjudul Kolam Susu sepeti berikut:

1. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman artinya dari saking suburnya tanah di Indonesia tongkat kayu dan batu pun dapat tumbuh menjadi tanaman yang bermanfaat untuk masyarakat.

2. Kail dan jala cukup menghidupi mu artinya hasil alam perikanan Indonesia itu sangat melimpah karena itu kail dan jala mampu menghidupi masyarakatnya.

3. Tiada badai, tiada topan kau temui Ikan dan udang menghampiri mu artinya alam Indonesia begitu tenang tanpa badai ataupun topan sehingga biota laut dan lainnya dapat tumbuh dengan baik sehingga melimpah.

Baca juga:  KERUSAKAN HUTAN AKIBAT TANAM JAGUNG

Indonesia memiliki alam yang sangat indah karena itu, Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata bahkan tidak sedikit warga Negara asing yang datang ke Indonesia untuk berwisata. Sebut saja Bali menjadi salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Indonesa. Karena itulah saya bangga menjadi anak Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan Indonesia yang selalu tertanam di hati saya sebagai anak Indonesia dan saya bangga dengan semboyan itu karena walaupun kita berbeda tetapi kita tetap satu. Kita sebagai anak Indonesia sudah seharusnya bangga dan semangat membangun Indonesia yang lebih baik lagi semoga impian kita sebagai anak bangsa bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik dan terkenal dimata dunia. (KS)

 

Artikel di atas diterbitkan untuk memenuhi tugas kuliah penulis.

Komentar