oleh

Sumbawa Dapat 15 Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahun Ini

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Plt. Kepala LLK Sumbawa M Yakub mengatakan, tahun 2021 ini, Kabupaten Sumbawa mendapat jatah 15 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dijelaskan, jumlah ini bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya 12 paket pelatihan. Adapun paket dimaksud yakni desain grafis dua paket, pelatihan komputer dua paket, tata boga atau Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) satu paket.

Kemudian, Bahsa Inggris satu paket, listrik dua paket, otomotif dua paket (Sepeda Motor dan Mekanik Mobil Bensin), las dua paket.

“Sehingga total jumlah siswa yang harus dilatih sebanyak 240 peserta. Untuk desain grafis baru pertama ada di LLK Sumbawa. Karena instruktur kita pada 2020 kita upgrade untuk desain grafis. Kami meminta ke Kementerian, Alhamdulillah kami diberikan dua paket desain grafis,’’ terangnya.

Baca juga:  THR Wajib Dibayarkan H-7 Lebaran

Diungkapkan, untuk pendaftaran sudah dibuka sejak Desember 2020 hingga akhir Januari 2021. Sementara pelaksanaannya diperkirakan pada awal Februari mendatang.

‘’Jadi kita buka dari umur 18 sampai maksimal 40 tahun. Kenapa kita ambil maksimal 40 tahun, karena orientasi kita 40 tahun bisa sebagai berbasis industri rumahan. Mungkin bisa menjadi usaha mandiri. Begitu juga las itu bisa usaha mandiri, desain grafis juga. Keculai manajemen komputer perkantoran, itu kita tekankan umur produktif,’’ tukasnya.

Pihaknya berharap, para peserta terpilih nantinya dapat serius mengikuti pelatihan. Karena output dari pelatihan ini, selain mendapatkan sertifikat pelatihan, juga akan dilakukan diujikompentesi guna mendapatkan sertifikasi nasional untuk profesi dari BNSP. (KS/aly/*)