oleh

Diduga Curi Ternak, Seorang Pria Diringkus Polisi

-Hukum & Kriminal-1.293 views

Kabupaten Dompu – Seorang pria berinisial TF (27) warga Dusun Lanci I, Desa Lanci jaya, Kecamatan Manggelewa, diringkus oleh anggota Polsek setempat. Dia ditangkap atas digaan kasus pencurian dua ekor ternaki milik Syamsul Hakim (35), warga Dusun Muhajirin, Desa Nusa jaya, Kecamatan Manggelewa.

Kapolsek Manggalewa, dalam kerengan persnya yang disampaikan oleh Paur Subbag Humas Polres Dompu Aiptu Hujaifah., membanarkan penangkapan tersebut. Dikatakan, pencurian dua ekor sapi milik korban terjadi pada, Selasa (05/01/2021) sekitar pukul 03.00 wita kemarin.

Peristiwa ini pertama kali dikatahu oleh korban sekitar pukul 06.00 wita, saat hendak mengecek ternak miliknya yang diikat dikandang di belakang rumahnya. Namun, kedua sapinya itu tidak lagi berada ditempat. Atas kejadian ini, korban melaporkan ke Polsek setempat.

Peristiwa itu diketahui korban pada pagi hari sekira pukul 06.30 wita, ketika hendak mengecek sapi yang ia ikat di kandang yang berlokasi di belakang rumahnya. Tak dinyana, sapi yang ia ikat raib digasak maling. Atas peristiwa itu korban melaporkan ke Mapolsek Manggelewa seraya tetap melakukan pencarian.

Baca juga:  Sandal Tertinggal di TKP, Pencuri Mesin Diesel Ditangkap

Atas laporan tersebut lanjut Hujaifah, korban bersama beberapa anggota Polsek mencoba melakukan pencarian dengan mengikuti jejak kaki sapi, menyusiri lahan pertanian warga. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 Km, sapi tersebut berhasil ditemukan dalam keadaan terikat di pinggir sungai. “Setelah berjalan sukup jauh menyusuri perkebunan warga, anggota bersama korban menemukan sapi tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan keterangan saksi, TF diduga sebagai pelaku pencurian tersebut. Anggota Polsek kemudian mendatangi rumah TF, namun dia tidak berada di tempat. Informasi dari masyarakat, yang bersangkutan sedang berada di Desa Kore, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. Bergerak cepat, unit reskrim Polsek Manggalewa berhasil mengamankan TF tanpa perlawanan.

Baca juga:  Jelang Pergantian Tahun, Polres Sumbawa Razia Petasan

“Saat ini TF sedang menjalani proses hukum di Polsek Manggelewa, atas perbuatannya ia dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkasnya. (KS)