oleh

Jokowi Luncurkan Bantuan Tunai Tahun 2021 se-Indonesia

Jakarta, kabarsumbawa – Presiden Jokowi luncurkan program Bantuan Tunai Tahun 2021 se-Indonesia. Bantuan diberikan untuk meringankan beban keluarga yang terdampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 24 orang perwakilan penerima manfaat dari masing-masing program tersebut hadir secara terbatas di Istana Negara, Senin, 4 Januari 2021.

“Hari ini, di awal 2021, saya luncurkan Bantuan Tunai se-Indonesia pada masyarakat penerima untuk Program Keluarga Harapan, Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai,” ujarnya

Jakowi menambahkan, bantuan tunai tahun 2021 tersebut terdiri atas tiga program, dan akan disalurkan dalam beberapa tahapan.

Pertama, Program Keluarga Harapan diberikan empat tahap pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober melalui bank yang tergabung dalam Himbara.

Baca juga:  Ketua Timses Husni-Mo Sikapi Serius Isu Mafia Jabatan

Kemudian, Program Sembako disalurkan dari bulan Januari sampai Desember 2021. Nilainya sebesar 200 ribu perbulan per Kartu Keluarga (KK).

“Kemudian bantuan sosial tunai diberikan selama 4 bulan Januari, Februari, Maret April dan nilainya 300 ribu per bulan per KK, ini sudah jelas semuanya,” ucapnya.

Jokowi berharap agar bantuan pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, serta membantu perekonomian nasional untuk bangkit dan bergerak.

Untuk diketahui, pada tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran masing-masing sebesar Rp28,709 triliun untuk PKH, Rp42,5 triliun untuk Program Sembako, dan Rp12 triliun untuk BST. (ks/adm)

Komentar