Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap Dihentikan Sementara

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka pada sementar genap tahun 2021 untuk jenjang pendidikan PAUD, SD dan SMP. Pembelajaran dialihakan menjadi BDR (Bejalar Dari Rumah) dengan sistem Daring maupun Luring.

Kepala Dinas Dikbud Sumbawa, H. Sahril, S.Pd., ditemui wartawan, Senin (04/01/2021) membenarkan. Dikatakan, keputusan ini dituangkan dalam Serat Edaran (SE) Kepala Dinas nomor 423.1/025/Dikbud/2021 prihal : Surat Edaran BDR pada Semester Genap.

Dijelaskan, keputusan mengalihkan pembejalan dari tatap muka di sekolah menjadi BDR dilakukan berdasarkan data terbaru perkembangan Pandemi Covid 19 di Kabupaten Sumbawa yang semakin meningkat dan tersebar disemua wilayah kecamatan se Kabupaten Sumbawa. Bahkan juga ditemukan adanya data usia anak sekolah yang terpapar.

“Mencermati perkembangan penyebaran covid-19 di Kabupaten Sumbawa seiring dengan dimulainya proses pembelajaran di semester genap di 2021, anak-anak kita, orang tuanya, bahkan guru-guru ada yang berlibur ke luar daerah. Untuk itu kami, setelah berdiskusi panjang dengan kepala bidang, saya memutuskan untuk mengalihkan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi BDR,” jelasnya.

Lanjutnya, BDR ini akan berlansung sampai waktu yang belum ditentukan berdasarkan perkembangan kasus covid-19. Jika kasus positif menurun drastis, maka pembelajaran akan dialihkan kembali menggunakan sistem tatap muka di sekolah.

“Nanti kita lihat perkembangannya. Jika menunjukan penurunan yang cukup drastis, maka kita akan membelajarkan dengan sistem tatap muka,” terangnya.

Ia mengingatkan, selain siswa melaksanakan BDR, guru juga diwajibkan untuk bekerja dari rumah. Hanya kepala sekolah dan orang-orang terntu yang berkepentingan mendesak diperbolehkan berada di sekolah.

“Guru dan Murid belajar dari rumah. Saya ingatkan hanya kepala sekolah dan orang-orang terntentu yang kena urgenisitas sekolah saya berada di sekolah. Semua guru dan murid bekerja dari rumah. Guru WFH, murid BDR,” tegasnya.

Dia berharap, guru bisa menjadi contoh bagi masyarakat bagaimana menerepkan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19. “Kita harapkan dengan guru harus menjadi pioner bisa menjadi contoh bagi masyarakat bagaimana menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan covid-19. Semoga covid-19 segera berlalu,” pungkasnya. (KS/aly/sri/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

FKH UNDIKMA Latih Petugas Kesehatan Hewan Pulau Sumbawa Cara Pengendalian dan Penanggulangan Wabah Penyakit

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Fakultas Kedokteran Hewan (FHK) Universitas...

EDUTECHNOPRENEURSHIP : Profil Lulusan Program Studi Sarjana (S1) Teknologi Pendidikan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa - Edutechnopreneurship, merupakan rumusan profil lulusan...

MAHASISWA FKES UNSA LAKUKAN PENYULUHAN TINGKATKAN KESEHATAN REMAJA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu...

FKES UNSA Peduli Stunting (Penting) Gelar Penyuluhan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Sebagai bentuk kepedulian civitas akademika...