oleh

29 Faskes Direncanakan Layani Vaksinasi Covid-19

-Kesehatan-52 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa, saat ini tengah menyiapkan 29 Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang akan melakukan pelayanan vasinasi Covid-19. Semua petugas yang akan melakukan pelayanan, terlebih dahulu diberikan pembekalan.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, melalui Kabid P3PL Agung Riyadi, Rabu (16/12/2020) kepada wartawan di Sumbawa.

Dijelaskan, Pemerintah Pusat meminta kepada Kabupaten/Kota untuk melakukan pendataan terhadap fasilitas kesehatan yang kiranya bisa memberikan layanan vaksinasi Covid-19.

“Kita merencanakan ada 29 faskes yang akan melayani Vaksinasi. Petugas nanti akan ada pembekalan terlebih dahulu sebelum memberikan pelayanan vaksinasi,” ungkap.

Baca juga:  Stok Darah PMI Sumbawa Memprihatinkan

Lanjutnya, pemberian vaksin tersebut akan memprioritaskan para pekrja yang di sektor publik. Artinya yang berhubungan langung dengan pelayanan publik. Seperti, tenaga kesehatan, TNI Polri, Damkar, Satpol PP, hingga tenaga pendidikan.

Sementara untuk masyarakat umum kata dia, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu terkait tatalaksana pemberian vaksin Covid-19.

“kita sekarang sedang menghubungi beberapa instansi untuk meminta data sasaran. Untuk masyarakat nanti, belum dapatkan sosialisasi secara detail,” terangnya.

Lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mulai dilakukan pada bulan Februari tahun 2020. Sehingga, sosialisasinya akan dituntaskan bulan Januari mendatang.

“Informasi diperkirakan Februari sudah memulai pelaksanaan Vaksinasi. Cuma saya tidak tahu Minggu ke berapa. Tapi saya yakin di Bulan Januari akan kita tuntaskan persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Karena kita sedang melakukan pendataan, saya belum bisa menyampaikan berapa ribu orang yang akan divaksinasi. Kita belum menerima kiriman vaksin. Vaksin msih di Jakarta disimpan di Bio Farma,” pungkasnya. (KS/aly/dina)

Komentar