oleh

JALAN BATULANTEH DALAM PUSARAN JANJI

-Opini-77 views

Oleh : Honsusi – Mahasiswa Program Studi PBSI, FKIP UNIVERSITAS SAMAWA

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Desa baturotok merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan batulanteh, kabupaten sumbawa, provinsi nusa tenggara barat. Kecamatan batulanteh ini terdiri dari enam desa, yaitu desa semongkat, desa tepal, desa batudulang, desa tangkanpilit, desa baturotok,dan desa baodesa. Desa baturotok ini merupakan salah satu dari enam desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Batulanteh. Desa baturotok ini memiliki jarak tempuh sejauh 2.390,1 km dari sumbawa menuju ke desa baturotok tersebut. Desa Batulanteh ini memiliki luas wilayah 39.140 Ha. Kecamatan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari sebagian besar hutan, daerah yang memiliki permukaan tanah yang tidak rata yang cendrung berbukit-bukit. Dengan kondisi yang seperti ini batulanteh dapat di katakan sebagai daerah pegunungan. Akses jalan menuju desa Batulanteh sangat buruk atau bisa di bilang sanggat memprihatinkan, karena jalan yang harus dilalui berlumpur dan banyak bebatuan . jika musim kemarau maka perjalanan agak sedikit membaik karna jalan dalam keadaan kering ( tidak berlumpur).

Akses jalan menuju desa Batulanteh masih sanngat terbatas mulai dari jalan yang belum di perbaiki oleh pemerintah, jalannya berlumpur, becek, dan bebatuan, banyak jalan yang terputus-putus dan banyak jalan yang berlubang dikarenakan jalan belum hotmik. Sanggat sulit perjalanan menuju ke desa-desa yang ada di Batulanteh. Di desa baturotok memiliki jumlah penduduk yang terbanyak dari desa atau kelurahan yang lain. Di ikuti dengan desa kelungkung, tepal serta tangkan pulit. Sehingga masyarakat disana tidak bisa mengakses informasi lewat internet. Hal ini terjadi di karenakan desa-desa yang ada dikecamatan batulanteh ini selalu berada dalam pusaran janji dari waktu ke waktu yang tak kunjung di tepati. Tidak hanya di desa baturotok saja didesa lainpun juga merasakan hal yang sama karna memiliki akses jalan yang begitu buruk.

Pemilihan bupati dan wakil bupati 2020 akan segera dilaksanakan. Sebelum pelaksanaan pemilihan biasanya di awali dengan pengenalan calon bupati maupun wakil bupati yang akan mencalonkan diri sabagai pemimpin kabupaten Sumbawa. Adapun penyaluran janji biasanya akan di janjikan kepada masyarakat yang akan di laksanakan dan di salurkan melalui kegiatan kampanye. Kampanye tersebut merupakan kegiatan yang di lakukan oleh para calon sebagai salah satu bentuk atau sarana berkomunikasi dengan masyarakat. Dan juga memaparkan rencana program-program yang akan di kerjakan apabilah terpilih.

Dalam kampanye biasanya menjadi pusat janji-janji manis dari masing-masing calon yang mencalonkan dirinya sebagai pemimpin daerah yang berjanji akan mensejahtrakan seluruh masyarakat, yang membuat masyarakat tertarik untuk memilihnya. Yang pada akhirnya setelah terpilih semua janji yang di ucapkan terlupakan sehingga hanya menjadi janji palsu.

Untuk saat ini desa baturotok ini mendapat banyak janji dari para pemerintah, baik dari janji akan memperhatikan pembangunan jalan di desa baturotok kecematan batulanteh. Para pemerintah berjanji akan mengerjakan perbaikan hotmix jalan batulanteh yang pengerjaannya akan di lakukan bertahap setiap tahunnya. Tetapi janji itu semua tak kunjung nampak atau di tepati. Masyarakat Batulanteh seolah-olah tidak pernah mendapat perhatian dari dari penerintah daerah sumbawa yang sejak dari tahun 1998 sampai dengan saat ini.

Setiap tahun politik atau pada saat kampanye pemilu, ruas jalan sumbawa menuju desa baturotok kecamatan batulanteh menjadi sebuah komeditas jalan yang paling ekstrim yang di gunakan oleh para calon legislatif maupun eksekutif untuk merebut suara masyarakat desa baturotok. Bertepatan dengan tahun ini , akan ada pelaksanaan pemilihan Bupati dan calon wakil bupati sumbawa. Sebelum pelaksanaan pemilihan biasanya para anggota calon bupati akan memperkenalkan dirinya , menyamppaikan visi dan juga misi yang membuat masyarakat begitu yakin dengan kata atau janji para anggota atau calon bupati. Yang pada akhirnya setelah pelaksanaan pemilihan selsai dimana calon yang berhasil menang atau lolos menjadi pemimpin dengan mudahnya sedikit demi sedikit melupakan janjinya atau tidak menjalankan misinya.

Mengapa tidak demikian , terutama di desa baturotok dari menjabatnya bupati yang pertama sampai saat ini , janji-janji itu tak kunjung terealisasikan dan di sentuh oleh pemerintah daerah sumbawa. Padahal masyarakat sangat butuh kepastian terutama pada bentuk pemerataan pembangunan infrastruktur jalan. Karena jalan yang paling utama untuk perkembangan suatu desa menuju kejayaan.

Untuk itu, semoga kedepannya jalan atau akses ke baturotok mendapat perubahan dari pemerintah untuk di perbaiki. Dan untuk para pemimpin semoga hatinya terketuk untuk memperbaiki jalan menuju Batulanteh . untuk para calon bupati dan wakil bupati yang akan terpilih semoga kedepannya bisa menepati janji jika dalam membantu suatu desa menuju kemajuan atau bisa berkembang, terutama di desa baturotok kecamatan batulanteh. Agar masyarakat desa baturotok bisa merasakan atau menikmati suasana jalan yang baik.

Artikel ini diterbitkan untuk memenuhi tugas oleh penulis.

iklaniklan