oleh

Dana Stimulan Kebakaran Baturotok Ditransfer Pekan Ini

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., mengatakan, dana stimulan untuk pembangunan rumah bagi korban kebakaran di Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh, ditransfer pekan ini. Dana stimulan tersebut sebesar Rp. 15 juta per rumah.

“Harus segera kita bantu. Tadi sudah disepakati bahwa kita aka memberikan bantuan stimulan untuk pembangunan rumah panggung dengan ukuran 6X9. Tingginya kurang lebih 180 cm. Sehinga saya sudah minta tadi agar segera di urus SK-nya mereka semua dan nomor rekeningnya, supaya dicairkan dalam minggu ini. Dikirim ke rekening masig-masing penerima. 15 juta per satu rumah,” kata Sekda, Senin (07/12/2020) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Baca juga:  ABK Kapal Dapat Penyuluhan Keselamatan Berlayar

Selain dana stimulan dari Pemerintah Kabupaten, juga terdapat bantuan dana dari pemerintan Provinsi NTB sebesar Rp. 40 juta per rumah. Jadi total dana stimulan yang per rumah sebesar Rp. 40 juta.

“ada dari provinsi akan ngasih Rp. 25 juta per rumah. Cairnya mungkin tidak bersamaan. Tapi dalam minggu ini. Jadi totalnya Rp. 40 juta,” ungkapnya.

Sekda mempersilahkan bagi masyarakat yang ingin membangun rumahnya mulai dari sekarang. Yang jelas kata dia, Pemerintah akan segera mentransfer dana tersebut ke rekening masing-masing penerima.

“Mau bangun mulai hari ini juga silahkan. Uangnya juga pasti masuk minggu ini. Materialnya ada supleyer kayu dari Baturotok. yang penting kita kirim uang di rekeningnya. Ada 94 KK yang terdampak. Tapi yang terbakar sebanyak 72 rumah. Kita tidak tanggung KK tapi rumah yang terbakar saja,” pungkasnya. (KS/aly)