Sumbawa Gencarkan Vaksin dan Eliminasi HPR

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) gencar melakukan vaksinasi terhadap Hewan Penular Rabies (HPR).

Selain itu juga, Eliminasi terhadap HPR liar terus dilakukan sebagai  Upaya ini untuk menekan penularan kasus rabies yang sudah meluas.

“Gencar vaksinasi sekarang.  Eliminasi juga.  Karena sebelumnya untuk kasus, ring 1 di Kecamatan Empang dan Tarano, ring 2 di Labangka dan Plampang.  Sekarang sudah ada kasus positif di Kecamatan Lopok,  Moyo Hulu dan Utan, ” kata Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa, H.  Junaidi, S. Pt,  Senin (23/11) kemarin.

Baca juga:  Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Dijelaskannya,  dari pertimbangan kasus dan gigitan yang terjadi,  otoritas veteriner memutuskan bahwa Sumbawa masih berstatus Kasus Luar Biasa (KLB)  rabies.  Sehingga pihaknya sudah mengusulkan anggaran kepada Bupati Sumbawa untuk vaksinasi dan eliminasi terhadap HPR. Vaksinasi ini bagi HPR yang dipelihara dan eliminasi bagi HPR liar. “Alhamdulillah melalui BTT,  kami sudah diberikan anggaran.  Sehingga sekarang ini kami melalui teman UPT sedang melakukan vaksinasi dan eliminasi di seluruh kecamatan,” terangnya.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Terhadap masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi HPR  seperti anjing, kucing,  dan kera, lanjutnya, dapat menghubungi Dinas  Peternakan, UPT Produksi dan Kesehatan Hewan terdekat dan klinik hewan di Kabupaten Sumbawa.  Biaya vaksinasi sendiri,  diakuinya gratis.  “Ini adalah salah satu langkah kita untuk bagaimana menekan penyebaran dan membuat zero rabies di Kabupaten Sumbawa.  Kita vaksinasi sebanyak-banyaknya.  Ini adalah tanggung jawab kita terhadap penyakit rabies, ” pungkasnya. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infont untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...