oleh

KPU Sumbawa Kirim Data Pemilih Belum Perekaman

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, telah mengirim data pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), namum belum melakukan perekaman KTP-El kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Jadi kami posisinya disini menyampaikan ke Capil. Data masyarakat yang sudah ada di DPT tapi belum perekaman,” kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa, Muhammad Kaniti, Selasa (01/12/2020).

Dijelaskan, pihaknya bersama Disdukcapil melakukan jemput bola hingga ke Kecamatan. Bahkan, pihaknya, menginstruksikan kepada PPK, PPS, bahkan KPPS, untuk menjemput masyarakat yang belum melakukan perekaman untuk datang ke tempat perekaman.

“Kami sampai saat ini bersama dukcapil melakukan jemput bola. KPU RI mengintruksikan kepada KPU Kabupaten Kota. Kemudian kami mengintruksikan PPK dan PPS bahkan KPPS, untuk menjemput warga datang ke tempat perekaman. Perekaman ini tidak hanya di kantor capil juga di kecamatan. Bahkan informasi yang kami terima dari kepala Dinas Dukcapil, Sabtu dan Minggu juga dilakukan perekaman,” jelasnya kepada wartawan.

Hingga saat ini kata Ken, hampir seluruh wilayah di Kabupaten Sumbawa telah dikunjungi oleh tim perekaman. Perekaman dilakukan hingga 5 Desember mendatang. Rencananya, Disdukcapil dalam waktu dekat akan ke Pulau Moyo, untuk mengambil data perekaman masyarakat.

Menurutnya, kepentingan KPU dalam hal ini untuk melindungi hak pilih masyarakat. Karena nanti pada hari pemungutan suara membawa KTP El ke TPS.

“Data tersebut adalah hasil coklit yang kami umumkan di DPT. Yang kami vaktualkan kami download dari KPU RI. Ini yang kita kejar,” pungkasnya. (KS/aly)