oleh

Prajurit Kodim 1607/Sumbawa Bina Fisik di Masa Pandemi

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Minggu Militer yang dilaksanakan pada setiap Minggu ke IV tiap bulan, selalu diisi dengan kegiatan yang bersifat pembinaan fisik dan pemantapan kemampuan dasar bagi seluruh prajurit, guna memelihara fisik dan jiwa corsa prajurit. Hal ini dilakukan oleh Kodim 1607/Sumbawa melaksanakan latihan Ketahanan Mars yang diikuti oleh prajurit Kodim 1607/Sumbawa. Selasa (24/11/2020).

Disela-sela kesibukannya, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) memgatakan, kegiatan minggu militer ini merupakan kegiatan rutinitas bagi setiap prajurit TNI-AD. Disamping para prajurit melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing, akan tetapi untuk pengetahuan dasar keprajuritan harus tetap dikuasai dan juga kesiapan kondisi fisik harus tetap terjaga bagi seluruh prajurit sehingga Tugas Pokok dapat dicapai dan juga kemampuan perorangan tetap terpelihara.

“Terutama di masa pandemi ini semangat kita tidak boleh surut dan tetap menjaga stamina tubuh agar kita terhindar dari penyakit dan virus corona yang masih mewabah sekarang ini”, ucap Dandim.

Aktifitas tersebut, tambah Dandim, merupakan bentuk pelaksanaan Minggu militer yang terprogram. TNI-AD harus mengimplementasikan satuan tugas dalam memelihara kemampuan fisik sekaligus pengingat jati diri para prajurit.

“Hanmars dilakukan untuk melatih ulang ilmu dasar kemiliteran dan kemampuan sebagai aparatur keamanan. Kemampuan dasar tersebut perlu terus dilatihkan agar kondisi fisik anggota TNI tetap terjaga dan selalu siap di lapangan,” tegas Dandim.

Menurut Dandim, latihan Hanmars menuntut kebugaran fisik prajurit. Kondisi fisik prajurit yang sehat dan kuat akan mampu menunjang tugas pokok anggota TNI dalam pekerjaan sehari-hari.

“Selain memelihara fisik prajurit, latihan Hanmars juga dapat meningkatkan soliditas satuan dan kebersamaan para prajurit. Melalui kegiatan Hanmars, anggota TNI merasa satu Komando dan satu Korp yang harus terus dijaga kekompakannya,” ungkap Dandim. (KS)