oleh

Gerak Cepat, Koramil Moyo Hulu Bantu Warga Terkena Musibah

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Hujan deras disertai angin kencang merusak sejumlah rumah warga di wilayah Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Minggu (22/11/2020).

Derasnya hujan dan disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kecamatan Moyo Hulu mengakibatkan sejumlah Atap rumah dan pohon tumbang.

iklan

Mengetahui kejadian tersebut, Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) bergerak cepat menginstruksikan Danramil Moyo Hulu Kapten Inf Triono Budi Waskito, bersama anggotanya untuk membantu korban bencana alam.

Kejadian tersebut, terjadi pukul 13.30 wita. Akibat guyuran hujan dan terjangan angin yang begitu kencang tersebut mengakibatkan total dua puluh satu (21) atap rumah warga di Desa Batubulan, desa Lito dan desa Maman roboh. Bukan hanya atap rumah saja, bencana alam tersebut juga merusak atap seng Masjid Asyafaat dusun Aimasam desa Batubulan dan menumbangkan pohon di jalan lintas Sumbawa-Lunyuk bertempat di desa Semamung.

Baca juga:  Wartawan Diminta Aktif Kampanyekan Gerakan Pakai Masker

Mendapat instruksi dari Dandim 1607/Sumbawa, Danramil 06/Moyo Hulu bersama anggota langsung turun ke lokasi tersebut. “Saat itu juga, kami bersama anggota langsung turun ke lokasi untuk membantu membersihkan puing-puing atap rumah warga dan pohon yang roboh akibat angin kencang dan hujan lebat,” kata Danramil Moyo Hulu.

Sementara, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) mengapresiasi anggotanya dengan sigap membantu warga.

“Alhamdulillah, anggota Koramil langsung ke lokasi untuk memastikan dan membantu warga membersihkan puing-puing atap rumah dan pohon yang tumbang akibat bencana alam tersebut,” ujar Dandim.

Dandim menyampaikan, pihaknya bersama warga setempat langsung melakukan pengecekan dan pendataan rumah yang rusak akibat hujan dan angin kencang.

“Setelah dilakukan pendataan, atap rumah yang rusak berjumlah 21 rumah dengan kondisi atap ada yang rusak parah dan rusak ringan,” ungkap Dandim.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Tinjau dan Berikan Bantuan Korban Banjir di Bima

Dijelaskannya, kehadiran anggota Koramil Moyo Hulu merupakan wujud kepedulian satuan teritorial di daerah untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Selain itu, Dandim juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap waspada mengingat cuaca ekstrim pada musim hujan yang dibarengi angin kencang berdampak pada keamanan dan keselamatan.

“Diharapkan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan kondisi cuaca saat ini. Beruntung peristiwa ini tidak ada korban jiwa,” harap Letkol Kav Rudi Kurniawan. (KS)

Komentar