oleh

157 Operator Siskuedes Akan Dibimtek

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap operator Sistem Keuangan Desa (Siskuedes).

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Deden Fitriadi, S.STP., M.Si., mengatakan, dilaksanakan selama 6 hari dibagi dalam 3 angakatan. Dimulai pada tanggal 23 sampai dengan 28 November pekan depan. Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari. Bimtek akan diikuti oleh 157 orang operator Siskuedes.

iklan

Kata Deden, untuk pelaksanaan bimtek tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan gugus tugas Kabupaten. Karena kegiatan yang melibatkan orang dalam jumlah banyak, harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Apalagi baru-baru ini, ada salah satu Kades terpapar Covid-19.

Baca juga:  Masyarakat Badas Gugat Claim PT Pelindo III Atas Kepemilikan Tanah

“Kita sudah ajukan sesuai protokol Covid kepada Gugus Tugas. Karena kemarin ada kejadian Kades Poto terkena Covid-19. Jadi kita sudah bersurat kepada gugus tugas untuk meminta izin,” katanya, kepada wartawan, Kamis (19/11/2020) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, bimtek ini dilakukan mengingat terjadinya perubahan aparatur perangkat Desa setiap pergantian Kepala Desa. Tentunya, aparatur tersebut belum memahami tugasnya sehingga perlu dilakukan pelatihan bersama. Disamping itu juga, adanya pembaharuan dari aplikasi Siskuedes dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sehingga diharapkan dapat terwujudnya Pengelolaan Keuangan Desa yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Ada Lauching dan pembagian data base aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) tahun 2021 dan aplikasi siskeudes rilis 2.0.3. Itu yang kita bimtek. Ini sudah dilakukan pelatihan kepada operator Kabupaten. Sehingga menjadi tanggungjawab kami untuk menyampaikan ke Desa,” pungkasnya. (KS/aly)

Komentar