Jarot-Mokhlis Bangun Industrialisasi di Sumbawa Untuk Atasi Pengangguran

Date:

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Untuk menjawab keresahan warga terkait sulitnya peluang kerja dan murahnya harga jual produksi pertanian di Kabupaten Sumbawa, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jarot-Mokhlis berjanji akan memindahkan pabrik di Pulau Jawa ke Sumbawa jika terpilih dalam pilkada mendatang.

Hal ini diungkapkan Calon Bupati Sumbawa dari nomor urut 5, H Jarot bersama calon Wakil Bupati Mokhlis, akhir pekan.

Ia yakin dengan kekuatan, pengalaman puluhan tahun dan jaringan yang kuat akan mampu membangun industri berbasis pertanian di Sumbawa sehingga akan menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Program ini juga akan meningkatkan ekonomi yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Agar harga jual produksi pertanian di Sumbawa meningkat kami akan memindahkan pabrik dari Jawa ke Sumbawa,” tegas Jarot.

Hadirnya industri di Sumbawa juga akan memberikan multiplayer effect seperti lapangan kerja terbuka luas dan memacu pertumbuhan usaha-usaha lain yang berkesinambungan.
Salah satu contoh di Kecamatan Batu Lanteh yang memiliki produksi pertanian yang cukup banyak, produk pertanian yang menonjol adalah jagung. Dengan adanya industri akan meningkatkan keuntungan besar bagi petani.

“Pada tahun 2018 sebanyak 650 ribu ton jagung hampir semuanya dikirim ke Surabaya dengan harga jual yang kurang baik, itu dikarenakan biaya ongkos kirim yang mahal sehingga harganya dikurangi,” katanya. Hal sama dikemukakan juga di Desa Batu Lanteh Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infront untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Jika Sumbawa mampu memproduksi pakan ternak maka akan tercipta peluang usaha-usaha peternakan dan perikanan. Peluang usaha dibidang itu juga akan semakin berkembang.
Untuk menghadirkan pabrik ini diakui tidak mudah. Namun, diyakini dengan kekuatan, pengalaman dan jaringan yang kuat, Jarot-Mokhlis berikktiar akan mendatangkan uang ke Sumbawa untuk membangun kabupaten ini lebih maju.

“Kalau mengandalkan dana APBD saja tidak akan mampu membangun Sumbawa, karena daerah ini cukup luas, 24 kecamatan dengan luas sekitar 700 kilometer persegi,” katanya.

Kini, anggaran APBD Sumbawa 70 persen digunakan untuk belanja rutin dan hanya 30 persen untuk membangun infrastruktur dan program lainnya. Hal ini mustahil dilakukan jika tidak mendatangkan dana dari selain APBD.

Potensi Perikanan

Sementara itu, dosen Manajemen Sumberdaya Perairan dari Universitas Sumbawa (UNSA) Syamsul Bahri menyayangkan kebijakan pemerintah daerah yang belum maksimal dalam memanfaatkan potensi pesisir atau perikanan dan kelautan. Padahal potensi pesisir ini sangat melimpah dan dapat mendatangkan sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Baca juga:  PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

“Kita bisa membangun Sumbawa ini dengan hasil dari potensi alam pesisir, tetapi sampai sekarang masih disepelekan pemerintah,” ungkap Syamsul Bahri saat ditemui di Kecamatan Lopok, Minggu (8/11).

Ia menilai pemerintah keliru jika potensi yang cukup besar dan mahal ini tidak dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik.

Salah satu potensi yang belum dikembangkan adalah baby Lobster yang harganya cukup fantastis yaitu sekitar Rp30 ribu per baby lobster, padahal jika dibudidaya maka ini akan berkembang pesat dan daerah ini akan maju.

“Harga baby lobster sangat mahal, jika kita mengembangkan dengan cara membudidaya maka hasilnya luarbiasa, dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah,’ ungkapnya.

Dari hasil penjualan baby lobster, tambahnya, pemerintah dapat meraup PAD miliaran perbulan.

Potensi lainnya adalah teripang yang saat ini seharga sekitar Rp300 ribu per kilo, kemudian manggrove yang dapat diolah menjadi bahan makanan dan bahan lainnya serta potensi pembuatan garam di beberapa desa seperti Desa Labu Kurus, Labuan Bontong dan Utan. (KS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Bupati Sumbawa Serahkan SK Pengangkatan 759 P3K Formasi 2023

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sebanyak 759 orang Pegawai Pemerintah...

PBK Tinggi Peminat, BLK Sumbawa Fokus Pada Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Dalam upaya mengatasi lonjakan pengangguran,...

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...