by

Antisipasi Kelangkaan, Ditanbunnak KSB Akan Bagikan Bibit Tomat dan Cabai Ke Petani

Sumbawa Barat, KabarSumbawa.com – Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Sumbawa Barat, dalam waktu dekat akan membagikan bibit Tomat dan Cabai kepada petani setempat. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi melonjaknya harga kedua komoditi tersebut lantaran seringnya terjadi kelangkaan akibat kerusakan disaat musim penghujan seperti saat ini.

“Musim hujan seperti sekarang ini, cabe dan tomat sering langka, karena petani pada umumnya menanam padi untuk stok beras selama satu tahun. Belum lagi karena faktor penyakit akibat hujan, sehingga mengakibatkan tomat rusak dan cabai terkena virus yang membuat cabai berubah warna,” ungkap Kadis Pertanian melalui Kabid perkebunan dan Holtikultura, Idrus, SH, beberapa waktu lalu.

Baca juga:  KPU Sumbawa Lakukan Pemutakhiran Data Berkelanjutan Jelang Pilkada 2020

Adapun bentuk upaya Dinas Pertanian dalam menstabilkan harga, lanjutnya, pihaknya akan membagikan bibit tomat dan cabai kepada kelompok petani dalam waktu dekat.

“Kelompok penerima bantuannya sudah ada, tentunya sesuai dengan kriteria yang sudah dipersyaratkan.” Imbuhnya seraya menambahkan, selain memberikan bibit pihaknya juga memberikan bimbingan terhadap petani agar tanamannya lebih maksimal.

“Terutama dalam mengobati penyakit di tanaman horti, salah satunya penyakit hitam buah di buah cabe di musim penghujan yang sering di jumpai oleh petani,” tandasnya.

Untuk itu, lanjutnya, ia meminta kepada para petani, apabila terdapat kendala dan keluhan dalam proses pertaniannya, ia meminta agar petani terus berkonsultasi kepada petugas di lapangan.

Baca juga:  Serapan Anggaran Minim RSUD Sumbawa Dipanggil Kejaksaan

“Yang jelas, petugas kami di lapangan sudah siap membimbing petani,” pungkasnya.(ks/yud)