oleh

4 Prodi Baru STAI NW Samawa Alih Status ke IAI NW Samawa

-Pendidikan-322 views

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Sekolah Tinggi Agama Islam NW Sumbawa membuka Empat program studi baru. Empat Prodi dimaksud yakni, Program Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI) /Program Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Prodi Bimbingan dan Penyuluh Islam (BPI) dan Ekonomi Perbankan Syariah

Dengan dibukanya Empat prodi baru tersebut maka Sekolah Tinggi Agama Islam NW Samawa Sumbawa Besar beralih status menjadi Institut Agama Islam NW Samawa. Saat ini dalam proses penyelsaian borang. Sehingga tahun 2021 diyakini tuntas.

iklan

Sekretaris Kopertais XIV Mataram Dr H Nazar Naamy M.Si lakukan Kunjungan Kerja pemantapan peningkatan mutu dosen dan penguatan lembaga di sekolah Tinggi Agama Islam NW Sumbawa kemarin. Target yang ingin dicapai adalah terwujudnya peningkatan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS). Selanjutnya adalah terwujudnya managerial yang profesional yang berbeda dengan manajerial sekolah lanjutan tingkat menengah.

Baca juga:  PBSI Unsa Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah

Tentunya di Perguruan Tinggi dengan mengembangkan tri darma perguruan Tinggi seperti Pendidikan/pengajaran, penelitian/pengembangan dan pengabdian masyarakat. Kemudian di dalam wadah perguruan Tinggi itu ditandai pula dengan beberapa indikator seperti adanya jurnal, adanya penelitian bagi dosen, wajib melakukan publikasi ilmiyah bagi dosen. Saya apresiasi karena jurnal Stai NW Samawa sudah akreditasi Nasional Sinta 5
. luar biasa ucap. sekretaris Kopertais XIV Wil. Mataram.

“kepada para dosen yang telah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) diharapkan mampu mendapatkan dana hibah melalui kegiatan penelitian,”katanya

Agar para dosen agar terus berupaya maksimal menjalankan tri darma perguruan tinggi apalagi sebentar lagi STAI NW Samawa akan alih status menjadi Institut Agama Islam yang memiliki 3 fakultas. Dosen harus bedakan diri dengan guru melalui penelitian dan pengabdian masyarakat, serta terus berikhtiar meningkatkan mutu SDM.

“Sehingga nanti ketika STAI sudah alih status memiliki setidaknya tiga Fakultas yaitu Fakultas Tabiyah, fakultas Syari’ah dan fakultas Dakwah,” ungkapnya.

Baca juga:  Dikbud Sumbawa Segera Bahas Perpanjangan Waktu Libur Sekolah

Ketua STAI NW Sumawa DGH Drs H Muhammad Putera Akbar, M.Pd.I berkomitmen untuk membuka prodi yang ditawarkan kopertais mengingat prodi-prodi dimaksud sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“insya Allah pihak kami akan berikhtiar maksimal untuk meningkatkan status guna memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum, semoga segala lancar sesuai harapan, “tandasnya.

Pada kesempata ini, dirinya mengucapkan selama kepada 16 alumni STAI NW Samawa yang berhasil lulus CPNS tahun 2020 dengan formasi guru pendidikan agama islam. (KS/aly)